Wee Kuri, Laut yang Terkurung Menyerupai Danau

  • Bagikan
Danau Asin Weekuri - SBD (foto; Moripa)
Danau Asin Weekuri – SBD (foto; Moripa)

NTT-NEWS.COM, Kodi – Wee Kuri adalah laut yang mirip dengan danau, karena airnya tenang tak bergelombang, diapit hutan dan tebing karang sebagai pembatas dengan lautan lepas. Wee Kuri menjadi tujuan wisata air yang terletak di bagian Selatan Pulau Sumba, tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT) Kabupaten Sumba Barat Daya, Kecamatan Kodi Utara.

Wee Kuri merupakan tujuan wisata baru tak terjamah yang jauh dari polusi dan kebisingan. Datang ditempat ini, tepatnya untuk menyaksikan keindahan laut yang terkurung daratan dan diapit hutan belantara sehingga menyerupai danau asin nan indah dipandang mata.

Baca Juga:  Parade 1001 Kuda dan Festival Tenun Ikat Siap di Gelar di Waikabubak

Bukan saja karena danau ini begitu terpencil di wilayah selatan, melainkan juga nyaris tak terjamah. Di sekeliling danau hanya ada tempat sampah yang dibuat pemerintah.

Selebihnya, danau ini begitu perawan dan layak dibiarkan alami sehingga siapa pun bisa melepas kepenatan. Selain danau ini, pantai Wee Kuri dengan tebing karang yang terjal memberikan warna dan keunikan tersendiri.

Wee Kuri dikenal masyarakat Sumba sebagai danau asin tempat rekreasi, sehingga tak jarang menemui pasangan muda-mudi berjubal di tepi danau dan di bawah pepohonan, dan ada juga yang mandi bersama menikmati sejuknya air asin itu.

Danau ini juga memiliki warna yang sangat kontras nan eksotis karena air bening yang memancarkan warna biru putih, biru dan hijau. Danau ini mirip tempat pemandian para bidadari.

Sebenarnya, di bawah tebing karang sekitar danau asin itu terdapat lubang yang menghubungkan lautan lepas dan danau tersebut, tapi danau itu tidak berhubungan langsung dengan laut karena dipisahkan tebing karang yang terjal.

Mark, Wisatawan manca negara yang mengunjung tempat tersebut mengagumi keindahan dan keunikan Wee Kuri. “Saya baru pertama kali datang kesini, rasanya ingin tinggal lama karena sejuk, indah dan unik. Uniknya bisa ada air laut di daratan,” kata Mark kepada media ini beberapa pekan lalu.

Sekilas, tebing Wee Kuri tak kalah dengan tebing Uluwatu di Bali. Hanya saja, keduanya dibedakan fasilitas dan pamor. Sutradara ternama Indonesia, Mira Lesmana juga pernah menikmati indahnya danau Wee kuri. Anda kapan ke Wee Kuri?? (rm)

  • Bagikan