Wakil Walikota Kupang Pantau Vaksinasi Bagi Lansia

  • Bagikan
Wakil Walikota Kupang saat Memantau Pemberian Vaksinasi bagi Warga Lansia

NTT-News.com, Kupang – Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man pantau pemberian Vaksinasi bagi warga Lanjut Usia (Lansia) pada Senin (8/3) kemarin. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan pada 11 puskesmas dan Rumah Sakit di Kota Kupang serta beberapa tempat pelayanan publik yang telah ditetapkan, misalnya kantor lurah.

Pemberian vaksin ini merupakan tahap 2 termin I dalam penanggulangan dan penangan covid-19. Target vaksin tahap kedua untuk Kota Kupang dengan sasaran lansia berjumlah 10.139 orang dan pelayanan publik berjumlah 937 orang.

Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man, pada Senin (8/3) melakukan pemantauan kepada tiga tempat pelaksanaan vaksinasi. Ketiga tempat tersebut adalah, Puskemas Oesapa, Puskesmas Pasir Panjang dan Kantor Lurah Merdeka. Turut hadir mendampingi Wakil Wali Kota Kupang, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kupang, Rudy Priyono, S.KM, M.Kes., para Camat dan Lurah serta Kepala Puskesmas.

Baca Juga:  FirManmu Tolak 10.000 Surat Pengganti e-KTP, Ini Alasannya

Dari pantauan yang dilakukan, untuk Puskesmas Oesapa vaksinasi yang ditargetkan berjumlah 400an orang dan yang telah melakukan vaksin sebanyak 200 orang (lansia dan pelayanan publik), dengan jadwal pelayanan hari Senin – Rabu dan hari Sabtu, mulai pukul 08.00-12.00 Wita.

Selanjutnya pantauan dilanjutkan ke Kantor Lurah Merdeka, dengan jumlah sasaran vaksinasi 560 orang lansia yang terdiri dari beberapa kelurahan antara lain, kelurahan Merdeka, Kelurahan Bonipoi, Kelurahan LLBK, Kelurahan Solor dan Kelurahan Airmata. Jadwal pelayanan setiap hari selama 2 minggu, mulai pukul 09.00-15.00 Wita. Pada Kantor Lurah Merdeka sementara ketersediaan stok vaksin berjumlah 250 vaksin.

Baca Juga:  Wawali : PPKM hanya Diberlakukan Pempus untuk di Jawa dan Bali

Pemantauan berakhir di Puskesmas Pasir Panjang, di mana pada puskesmas tersebut sasaran vaksinasi berjumlah 620 orang yang terdiri dari 400 orang lansia dan 220 orang pelayanan publik. Stok vaksin sementara berjumlah 120 vial single dos dan 60 vial multi dos. Jadwal pelayanan vaksinasi berlangsung setiap hari selama 1 minggu mulai pukul 08.00-12.00 Wita.

Wakil Walikota Kupang saat diwawancara menyampaikan bahwa akan melakukan pemantauan ke 11 Puskesmas di Kota Kupang dan hari ini 3 puskesmas dan tempat layanan publik tersebut yang dikunjungi. Tujuan kunjungan Wawali adalah untuk memantau kegiatan vaksinasi bagi lansia dan pelayanan publik, memantau sasaran dan ketersediaan vaksinnya serta proses-proses untuk melakukan vaksin. “Saya melihat proses vaksinasi pada ketiga puskesmas ini berjalan baik, yang meminta penundaan vaksin juga tidak banyak,” ungkapnya

Baca Juga:  Gubernur NTT Pantau Vaksinasi di Kantor DPRD TTU

Selain itu Wakil Walikota juga memantau prosedur isolasi mandiri oleh puskesmas dengan koordinasi satgas covid 19 Kota Kupang, camat dan lurah yang diakuinya telah berjalan dengan baik dari sisi pendekatan dan penerapan protokol kesehatan.

“Memang tujuan kami untuk itu, kita semua berada di sini untuk pelayanan kepada masyarakat agar dapat terlayani dengan baik dan sesuai aturan, apalagi vaksin untuk lansia ini penting karena mereka yang memiliki risiko lebih tinggi,” tutupnya. *Pkp_Chr/Dev/Et

  • Bagikan