Umat Hindu di TTU Gelar Persembayangan Purnama Songsong Bulan Tilem

  • Bagikan
Umat Hindu Kefamenanu saat menggelar persembahyangan

NTT-News.com, Kefamenanu – Sejumlah puluhan umat pemeluk agama hindu di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar persembayangan dalam rangka menyongsong bulan baru atau Tilem (istilahnya Bulan Mati).

Kegiatan persembayangan yang berlangsung di Pura Kefanantha dimulai tepat 18.00 wita- 20.00 wita, yang dipimpin langsung oleh Pemangku I Nengah Radin, S. Ag.,dan dihadiri kurang lebih 25 umat hindu yang turut mengikuti kegiatan persembayangan purnama sebagai satu bentuk memohon berkah dari Hyang widhi.

Baca Juga:  Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Di TTU Adakan sejumlah Ritual Upacara

Penyuluh agama hindu Kabupaten TTU, Ni Ketut Sri Dewi Shinta, S. Pd., yang diwawancarai media ini, Senin malam (03/08/2020), usai kegiatan persembayangan purnama berlangsung mengatakan bahwa”kegiatan persembayangan ini biasanya berlangsung setiap bulan, jadi selama sebulan sekali dalam hitungan kalender Bali 15 hari menuju bulan baru atau tilem (bulan mati istilahnya)”. Jelasnya.

Baca Juga:  Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Di TTU Adakan sejumlah Ritual Upacara

Sri Dhewi nama yang akrab disapa itu menambahkan bahwa, Pemujaan dimaksudkan saat purnama ini ditujukan kehadapan Sanghyang Candra, dan Sanghyang Ketu sebagai dewa kecemerlangan untuk memohon kesempurnaan dan cahaya suci dari Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam berbagai wujud Ista Dewata.

“Jadi dirayakan untuk memohon berkah dan karunia dari Hyang Widhi,” tulis Dhewi lewat pesan whatsApp.

Baca Juga:  Peringati Hari Sarasvati, Puluhan Umat Hindu-TTU, Gelar Persembayangan Syukur

Dirinya sangat berharap, bahwa kegiatan persembayangan ini bukan hanya sekedar seromonial tetapi bisa dipetik maknanya lebih dalam dengan cara tetap lebih bersyukur lagi atas setiap berkat yang diberikan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa kepada umat pemeluk agama Hindu.

Penulis : Laris Mataubana

  • Bagikan