SMA Negeri 1 WESEL Melakukan Ujian Praktik! Ternyata Begini Tujuannya…

0
415

NTT-News.com, Wewewa Selatan – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Wewewa Selatan gelar ujian praktik untuk kelas XII. Ujian praktik dilakukan guna mengukur kemampuan siswa dalam memahami suatu keterampilan dalam setiap mata pelajaran. Dalam hal ini, para guru akan memberikan beberapa tugas untuk dilakukan setiap siswa secara langsung.

 

Dalam kegiatan praktik tahun pelajaran 2021/2022 ini, diikuti oleh 259 orang siswa kelas XII. Terdiri dari IPA 100 orang siswa, Bahasa 68 orang siswa dan Ilmu Sosial 91 orang siswa.

 

Dalam ujian praktik itu, hampir seluruh mata pelajaran mengadakan ujian praktik untuk menguji kemampuan siswa dalam mengaplikasikan teori yang didapatkan. Ujian ini juga membutuhkan tindakan yang aktif dan tentu saja kreatif dari setiap siswa.

 

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Wewewa Selatan, Petrus Gono Ate, S.Pd menyebut kegiatan praktek disekolahnya merupakan bagian dari evaluasi pencapaian kompetensi siswa dari sejumlah mata pelajaran.

 

“Ujian praktek ini bertujuan untuk mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar secara psikomotor, kecakapan dan keterampilan peserta didik,” kata Petrus ketika ditemui seusai membuka kegiatan ujian praktik kelas XII, Selasa (01/03/2021).

 

Selain itu, Petrus menambahkan bahwa kegiatan ini juga digunakan sebagai tolak ukur di akhir jenjang satuan pendidikan pada mata pelajaran yang telah ditentukan dan sekaligus sebagai syarat kelulusan peserta didik.

 

Disisi lain, ujian praktik digunakan untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan pembelajaran, kecakapan dan keterampilan peserta didik selama menempuh pendidikan SMA Negeri 1 Wewewa Selatan.

 

“Dengan ujian praktek sistem luring kami yakin bahwa anak-anak bisa memahami dengan benar dalam mempraktikkan pemahaman itu sehingga bisa mereka terapkan untuk diri sendiri atau dengan mengajarkannya untuk orang lain,” tambah Petrus. (RIAN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini