Skenario Ayodhia Kalake Mau Merombak Kepengurusan Bank NTT Mulai Terkuak

0
40
Gedung Kantor Pusat Bank NTT

NTT-News.com, Kupang – Belakangan ini, publik NTT menyaksikan drama tarik ulur pemberian ijin prinsip kerjasama KUB Bank NTT dan Bank DKI.

Belum usai drama tarik ulur muncul lagi rumor baru tentang skenario penggantian Komisaris Utama (Komut) Bank NTT.

Senin (6/5/2024) malam, muncul informasi bahwa diduga duet Pemprov NTT Ayodhia Kalake dan Kosmas Damianus Lana “mengumpulkan” para penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota Kupang, serta sejumlah Bupati dalam satu arena.

Arena itu bernama; Kunjungan Kerja ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marivest).

Baca Juga: Pejabat Gubernur NTT Didesak Selamatkan Bank NTT

Informasi yang dikutip dari victorynews.id menyebutkan, setelah para penjabat mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (6/5/2024), dilanjutkan dengan kunker ke Kantor Kemenko Marivest.

Dalam arena tertutup tersebut, “Big Boss” memberikan arahan dan masukan-masukan kepada para Penjabat bupati dan Pj Wali Kota.

Salah satu arahan yang diberikan adalah soal rencana RUPS dan RUPS LB Bank NTT, Kamis (8/5/2024) besok.

Arahan yang dimaksud adalah rencana pergantian Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Bank NTT saat RUPBS nanti.

Disebut-sebut, cara yang akan diambil adalah melalui voting terbuka. Alias siapa yang setuju dilakukan pergantian, supaya berdiri.

Baca Juga: Bank Terbesar di India Kunjungi Bank NTT Penerapan Smart Branch

Masih menurut sumber, setelah melakukan “pertemuan kecil” dengan para penjabat, malam itu juga dilakukan pertemuan dengan Kosmas Lana. Tidak diketahui pasti, isi pertemuan itu.

Apakah masih terkait rencana menempatkan Kosmas Lana sebagai Komisaris Utama Bank NTT, hanya Tuhan yang tahu!

Namun, Ayodhia Kalake sukses menempatkan Asisten II Setda sebagai Komisaris Utama PT Jamkrida NTT dalam kasus RUPS yang digelar 7 Maret lalu.

Posisi Komut

Informasi soal Kosmas Lana ingin menjadi Komut Bank NTT, bukan lagi rahasia, karena sudah menyebar beberapa pekan setelah Ayodhia dilantik menjadi Pj Gubernur NTT, 5 September 2023 lalu.

Sumber victorynews.id di OJK menyebutkan bahwa belakangan terungkap bahwa rencana itu mendapat penolakan dari OJK karena dua alasan.

Pertama Kosmas tak punya sertifikat kompetensi keuangan, sehingga harus segera belajar dan ikut ujian.

Baca Juga: Bank NTT, Buka Rekening Valas Untuk Transaksi Tabungan, Pj Wali Kota Kupang Berhasil Simpan 1000 Dolar

Setelah itu, peraturan juga mewajibkan kosmas harus memilih antara Sekda atau Komut Bank NTT, karena tidak bisa dirangkap.

Disebut pula bahwa dalam pertemuan di salah satu restoran di Kota Kupang, Ayodhia Kalake menyampaikan keinginannya agar ada perwakilan Pemerintah Provinsi NTT dalam pengurus Bank NTT.

Alasannya, karena dia tidak pernah mendapat laporan dan komunikasi dengan Bank NTT.

Bungkam

Hingga berita ini dirilis, pihak-pihak yang ikut dalam pertemuan itu, belum berhasil dimintai komentarnya. Namun, baik Ayodhia Kalake dan Kosmas Lana, selama ini bungkam ketika ditanya wartawan soal polemik Bank NTT maupun PT Jamkrida NTT.

Terakhir, usai menghadiri peringatan Hari Pendidikan Nasional di alun-alun IH Doko, Kamis (2/5/2024), Ayodhia dan Kosmas memilik bungkam.

Awalnya Ayodhia masih merespon pertanyaan wartawan terkait permasalahan pendidikan di NTT, namun setelah wartawan menanyakan perihal kerja sama antara Bank NTT dan Bank DKI, Ayodhia tidak merespon dan langsung bergegas masuk ke mobil.

Begitu pun Kosmas Lana yang ketika diwawancarai usai upacara, awalnya masih merespon pertanyaan wartawan terkait Hari Pendidikan Nasional, namun ketika wartawan mulai menanyakan tentang Bank NTT dan Jamkrida, Kosmas menolak untuk menjawab dan ia menyebut hanya berkenan menjawab seputar Hari Pendidikan Nasional saja.

Padahal, setelah itu, Kosmas masih menjawab pertanyaan di luar Hari Pendidikan Nasional, yakni terkait ASN yang maju dan mendaftar sebagai bakal calon gubernur. Setelah menjawab itu, Kosmas langsung menaiki mobilnya yang sudah siap pergi.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini