Selamatkan Mata Air Wee Liku, Warga dan Gereja Undang Bupati SBD Tanam Pohon

0
204
Penanaman Pohon di sumber mata air

NTT-News.com, Karuni – Masyarakat Laura, dan Gereja undang Bupati SBD dr. Kornelius Kodi Mete melakukan penanaman pohon secara massal untuk menyelamatkan sumber mata air Wee Liku, Senin (16/03/2020).

Bupati SBD mengatakan, percepatan penyelamatan lingkungan akan lebih efektif jika diikuti seluruh seluruh lembaga dan lapisan masyarakat, terutama generasi penerus bangsa ini.

Dalam penanaman pohon tersebut, ada  berbagai jenis pohon yang ditanam Bupati dan masyarakat Desa Karuni Kecamatan Laura, Sumba Barat Daya, di DAS mata Wee Liku, tanaman umur panjang dan tanaman penghasil oksigen mendominasi.

Tokoh Pemuda asal Karuni yakni Yohanes Ngongo, yang akrab di sapa Jhoni Maju Jaya mengatakan bahwa Gerakan ini akan terus menerus akan dilakukan. “Tidak hanya Presiden, Gubernur, maupun Bupati yang memerintahkan tapi Kami berinisiatif sendiri karena kami sudah merasakan perubahan iklim yang terjadi,” kata jhoni.

Desa Karuni, menurutnya masuk dalam Daerah Aliran Sungai (DAS) Mata Wee Liku. DAS Mata Wee Liku merupakan satu DAS di Karuni yang mesti diperbaiki dan di jaga karena sumber air yang ada di Laura ini bisa mengairi persawahan yang ada di sekitarnya.

“Ini kita punya kesempatan bagus untuk menyelematkan mata air dan pengendalian bencana dan bahaya kekeringan,” tuturnya.

Penulis : Jusuf EP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini