Sekolah, Gerbang Menuju Sukses

0
372
Fransiska Xaveria Cabrini Olang

NTT-News.com – Sekolah adalah sebuah lembaga yang didalamnya terdapat guru sebagai tenaga pendidik dan siswa-siswi sebagai peserta didik yang dapat saling berinteraksi serta memberi pengaruh yang akan berdampak pada masa depan semua siswa dan siswi di sekolah.

Banyak hal yang dapat diterima dalam sebuah lembaga pendidikan seperti sumber ilmu pengetahuan yang akan membawa peserta didik pada sebuah kesuksesan namun semua itu tergantung dari bagaimana cara guru memberikan materi pembelajaran di dalam kelas dan bagaimana para siswa menerima materi pembelajaran yang diberikan. Selain itu pendidikan yang baik akan membekali setiap siswa dan siswi  bukan hanya dengan pengetahuan melainkan dengan pendidikan karakter yang baik.

“Dikutip dari wikipedia Pengertian sekolah adalah lembaga untuk para siswa dan siswi dibawah pengawasan guru.Sebagian besar Negara meiliki sistem pendidikan formal yang umumnya wajib.Dalam sistem ini ,siswa mengalami kemajuan melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar di Sekolah.Nama-Nama Sekolah untuk sekolah ini bervariasai menurut Neagara termasuk sekolah dasar untuk anak-anak serta sekolah menengah untuk remaja yang telah menyelesaikan pendidikan dasar. Selain Sekolah inti, siswa di Negara tertentu juga mungkin memiliki akses untuk mengikuti Sekolah baik sebelum dan sesudah pendidikan dasar dan menengah. TK atau pra-sekolah menyediakan sekolah bagi ana-anak (biasanya umur 3-5 tahun)Ada juga Sekolah non-pemerintah yang isebut Sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka.”

Sekolah adalah tempat terbaik bagi anak-anak untuk mengisi waktu mereka dengan mendalami pengetahuan, selain itu sekolah juga merupakan tempat mereka menerima ilmu dan tempat melakukan kegitan ketika waktu luang ditengah kegiatan utama mereka yaitu bermain. Sekolah tempat mereka menghabiskan masa kecil dan masa remaja dengan menerima ilmu adalah salah satu tempat yang akan membawa pengaruh pada keberlangsungan hidup dan masa depan mereka kelak. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang dimana para siswa dan siswi menghabiskan waktu untuk mengisi waktu luang mereka dengan melkukan kegiatan belajar.

Pada dasarnya Sekolah bukan hanya sebagai tempat melakukan kegiatan dalam proses belajar mengajar melainkan sekolah harus menjadi tempat ternyaman bagi para pekajar agar mereka mampu menerima segala bentuk ilmu pengetahuan dengan baik. Bukannya malah membiarakan para peserta didik merasa jenuh karena cara guru mendidk dan menerapakan pembelajaran yang terkadang malah membosankan bagi mereka, bahkan kondsi ruangan kelas yang kurang baik atau bisa dikatakan ruangan kelas darurat yang dimana para guru dan siswa harus merasa kesulitan dalam melangsungkan kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas.

Peran seorang guru mewujudkan nilai edukasi di sekolah sangatlah penting karena akan bermanfaat bagi masa depan siswanya

Maka peran seorang guru sebagai orangtua kedua bagi seorang anak sebagai siswa di sekolah sangatlah berharga dan penting, bukan hanya membagikan ilmu akan tetapi penerapan nilai edukasi yang diberikan harus mampu diimbangi dengan cara siswa dan sisiwi menerima sumber pengetahuan yang diberikan.

Salah satu cara terbaik adalah membiarakan para peserta didik menuangkan imajinasi mereka dengan cara belajar yang lebih menyenangkan seperti membetuk komunitas belajar sesuai dengan minat para siswa dan siswi itu sendiri. Karena pada dasarnya apa yang mereka terima dari sekolah diharapakan mampu diimplementasikan dan diterapakan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Maka dari itu Pemerintah bersama dengan guru di sekolah harus mampu memberikan yang terbaik bagi suatau lembaga seperti sekolah-sekolah yang ada, dengan melengkapi fasilitas yang tentunya menunjang. Agar para siswa dan para guru di kelas mampu memberikan dan menerima pembelajaran dengan baik, sehingga pembelajaran yang di terima para peserta didik di sekolah dapat menjadi ilmu pengetahuan yang tentunya bermanfaat bagi masa depan mereka kelak.

Guru juga sebagai motivator yang dapat menggerakan diri siswa agar mereka memiliki kemauan dan semangat dalam belajar. Peran utama guru disekolah juga dapat membantu orang tua dalam membentuk karakter yang baik pada diri para siswa dan siswi di Sekolah.

Sekolah Terbaik adalah temapt menerima ilmu dan rumah yang menampung segala mimpi dan cita-cita para generasi. Sekolah bukan hanya sebagai tempat belajar, akan tetapi Sekolah adalah tempat ternyaman yang menjadi tonggak terbentuknya karakter anak Bangsa.

Fransiska Xaveria Cabrini Olang mahasiswi semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari UNIKA St. Paulus Ruteng

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini