SBD Fokus Tingkatkan Pendapatan Daerah

0
129
Bupati Sumba Barat Daya, Kornelius Kodi Mete

NTT-News.com, Tambolaka – Bupati Sumba Barat, dr.Kornelius Kodi Mete mengatakan, dirinya bersama Wakil Bupati, Marthen Christian Taka, S.IP fokus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Masih banyak potensi pendapatan yang belum dimaksimalkan karena tidak didukung regulasi.

Bupati Kornelius mengatakan itu, di ruang kerjanya, Senin (1/11/2021). Menurut Bupati Kornelius, sumber-sumber yang harus digenjot adalah pajak hotel, restoran, rumah makan, retribusi parkir, pasar, dan lain-lain.

Untuk itu, Bupati Kornelius sudah memerintahkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyiapkan draf aturan untuk dibahas bersama Dewan dan selanjutnya ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Dirinya juga mengecek dan meriew kembali perda yang masih efektif terkait pendapat untuk segera dieksekusi dengan implementasi lapangan.

“Masih banyak hotel, restoran yang belum maksimal menyetor kewajiban terkait dengan PAD. Ini kita evaluasi dan revisi agar hak dan kewajiban para pengelola berjalan seimbang,” kata Kornelius.

Dia mengakui SBD pernah mencapai PAD yang signifikan, tapi belakangan ini turun karena tidak dikawal OPD teknis yang bersangkutan.Untuk itu, dirinya sudah membahas dalam rapat agar setiap OPD bekerja maksimal agar ouputnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Ke depan setiap OPD diberi target agar kinerjanya terukur. Dirinya juga  sudah mengingatkan pimpinan OPD agar jangan hanya berharap pada DAU dan DAK.

Pimpinan OPD harus mampu mencari sumber pendapatan agar bisa membiayai program kerjanya sendiri.Pimpinan OPD juga harus mampu mendesain dan melakukan inovasi program yang bisa menghasilkan uang bukan hanya menghabiskan uang.

Untuk mendukung hal itu, Bupati telah  melaunching pelayanan PBD P2 secara online sejak 2019 lalu  dan memberi apresiasi kepada 11 kecamatan yang 100 persen melunasi pajak.

Dan, untuk kelancaran dalam proses pelayanan pajak berbasis online yang terkoneksi dengan aplikasi bank, dirinya telah menandatangani perjanjian antara pemda dalam hal ini Badan Pendapatan Baerah (Bapenda) dan bank.

Bupati Kornelius mengatakan,  pertumbuhan ekonomi SBD dari hari ke hari kian meningkat, tidak terlepas dari peran sektor parawisata dalam mengeksplor potensi wisata yang ada. Sehingga kunjungan wisatawan makin meningkat dan ini memberikan dampak positif bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Pemda melalui Bapenda  telah melaksanakan pemuktahiran data objek dan data subjek PBB P2 optimalisasi perhitung potensi pajak, pengendalian penagihan PBB P2, dan pelayanan pajak bumi dan bangunan secara online melalui apliksi V-TEX.

Melalui aplikasi ini telah mendukung dan mengimplementasikan transaksi non tunai, sehingga pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara tertib, efesien, efektif dan tanggung jawab.

Dia berharap aplikasi ini memudahkan masyarakat sebagai wajib pajak dalam mengakses pajak melalui jaringan internet dan dari manapun bisa diakses. (tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini