Rutan Kefamenanu Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran

0
368

NTT-News.com,Kefamenanu – Dalam rangka upaya untuk melakukan pemadaman kebakaran, Rutan kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur melakukan simulasi pemadaman kebakaran. Jumat, (22/10/2021).

Pantauan Wartawan, Kegiatan tersebut dilakukan atas kerjasama Rutan Kelas II B Kefamenanu dengan Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD).

Sebelum melakukan simulasi, kegiatan diawali juga dengan pemberian materi berkaitan dengan kebakaran dari pihak BPBD.

Kepala Rutan Kelas II B Kefamenanu Antonio Simene Dacosta Kepada Wartawan mengatakan, Kegiatan simulasi tersebut dilakukan atas kerjasama pihaknya bersama BPBD.

Dirinya menambahkan kegiatan ini juga dilakukan atas perintah dari Kementrian melalui Dirjen Kemasyarakatan kepada seluruh UPT, Lapas atau Rutan.

“Kegiatan ini kaitan juga dengan kemarin ada salah satu Lapas di Indonesia di Tangerang kebakaran sehingga kami di perintahkan oleh Kementrian melalui Dirjen kami, Dirjen Kemasyarakatan untuk seluruh UPT pemasyarakatan Rutan maupun Lapas agar sedia kala kita harus siap siaga dalam penanggulangan bencana apabila ada kebakaran, ” Jelasnya.

Selain itu Yosefina Lake Kepala BPBD mengatakan, kegiatan simulasi yang dilakuan yakni pemadaman api ringan, api besar dan mengevakuasi korban apabila terjadi kebakaran.

“Sesuai dengan permintaan Kepala Rutan, mereka minta kami mensimulasikan tentang kebakaran, yang di simulasikan itu berkaitan dengan api ringan, api besar, dan evakuasi korban, ” Jelasnya.

Pada kesempatan itu dirinya juga mengatakan kegiatan simulasi ini juga sebagai bentuk sosialisasi kepada Masyarakat.

“Oleh karena itu kegiatan ini juga semacam sosialisasi kepada semua Masyarakat atau semua yang ada disini supaya mereka juga bisa melakukan atau mematikan api apabila terjadi kebakaran, ” Katanya.

Selain itu dirinya juga berharap, agar pegawai Rutan yang mengikuti simulasi tersebut bisa juga menyebarkan pengetahuan mereka kepada semua Masyarakat agar bisa melakukan pemadaman kebakaran apabila terjadi kebakaran di rumah atau dimana saja.

“Harapan kami bukan saja mereka yang tau ini, tapi mereka juga bisa sebarkan kepada semua Masyarakat sehingga nanti kalau ada kejadian yang sama kita semua sudah bisa melakukan pemadaman sendri dan paling utama menyelamat nyawa manusia, ” Katanya.

Fridus Ciompah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini