Prajurit Koramil 0820/22 Dringu Kawal Pembagian BST Tahap III

  • Bagikan
Seorang anggota TNI saat membopong seorang ibu lansia menerima dana BLT

NTT-News.com, Probolinggo – Pemerintah kembali mengucurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dimasa Pandemi Covid-19 saat ini, hal ini sudah tahap yang ke 3 untuk BST dari Kemensos RI yang berupa dana uang Tunai Rp 600 ribu rupiah yang diterimah langsung kepada KPM ( Keluarga Penerima Manfaat ) yang dicairkan melalui Kantor Pos masing masing termasuk diwilayah Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Sabtu (11/07/20).

Pada tahap 3 ini Kecamatan Dringu terdapat 923 orang KPM yang tersebar diseluruh wilayah Pedesaan di Kecamatan Dringu.

Menyikapai hal ini sebagai aparat teritorial yang mempunyai tanggung jawab wilayah Koramil 0820/22 Dringu turut berperan serta dalam membantu kelancaran proses pencairan dana tersebut, meskipun tidak terlibat langsung dalam proses pencairan uang tapi keberadaan anggota Koramil sangat dibutuhkan oleh petugas khususnya untuk membantu pengamanan dan pengaturan warga yang sedang antri, apalagi dimasa pandemi seperti ini.

Baca Juga:  Warga Yang Di Karantina Diajak Senam Oleh TNI

Untuk menghindari kurumunan massa yang banyak maka perlu dilakukan penertipan yg maksimal.
Keberadaan anggota Koramil hanya menghimbau kepada warga penerima dana bantuan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan serta menjaga jarak antrian.

Pemerintah Kecamatan Dringu telah membagi jadwal dalam proses pencairan dana BST tahap 3 ini dengan jadwal yang tidak bersamaam sehingga tidak terjadi kerumunan massa yang begitu banyak.

Baca Juga:  Lawan Covid-19, TNI-POLRI Terus Aktif Bersinergi Bantu Tenaga Medis

Dana dicairkan dalam waktu tiga hari mulai tanggal 09 Juli sampai 11 Juli dengan jam kehadiran masing masing Desa yang tidak sama pula.

Untuk pencairan BST tahap 3 ini semuanya dipusatkan di Pendopo Kecamatan Dringu sehingga lebih mudah dalam pengaturan karena memang lokasinya yang cukup luas dibandingkan dengan Kantor Pos, sehingga petugas Kantor Pos yang hadir di Pendopo Kecatan Dringu. Ini juga sangat membantu dalam proses pengamanan dan menghindari
kerumunan dalam ruangan.

Kehadiran anggota Koramil dan Polsek sangat membantu dalam proses setiap pencairan dana Bansos, apalagi dimasa pandemi ini Pemerintah sangat banyak memberikan batuan kepada warga yang terdampak langsung. Terkadang juga warga yang menerima bantuan rata rata orang yang sudah lanjut usia, dengan tidak segan segan anggota Koramil 0820/22 Dringu membatu mengarahkan bahkan membopong warga yang sudah tua untuk menuju ke tempat antrian.

Baca Juga:  Gubernur Jawa Timur Pantau Warga Karantina Covid-19

Petugas Pos pun juga merasa terbantu dengan keberadaan anggota Koramil dan Polsek “Terima kasih Pak kami merasa terbantu dengan adannya bapak bapak disini untuk membantu kelancaran proses pencairan dana BST sehingga kegiatan bisa dilaksanakan dengan aman dan lancar,” kata petugas Kantor Pos.

Penulis : Elfrinal

  • Bagikan