Pj Wali Kota Kupang Imbau Warga Gunakan Hak Pilih Di TPS Masing-masing

0
80

Ntt-news.com, Kupang || Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang Fahrensy Funay menyatakan, persiapan Pemilu 14 Februari 2024 besok berjalan dengan baik. Ia menyebut, seluruh logistik untuk Pemilu besok sudah didistribusi ke seluruh TPS di Kota Kupang.

“Seluruh tatapan mulai persiapan sampai pada logistik telah berjalan dengan baik. Bawaslu dan KPU telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Buktinya tadi sudah dilakukan pendistribusian (logistik pemilu),” ujar Fahrensy kepada wartawan, Selasa (13/2/2024) di Ruangan Garuda Lantai II Kantor Wali kota.

Turut hadir persiapan untuk pemilu 2024. Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, dan Kapolresta Kupang Kota Kombes Aldinan Manurung

Pj Wali Kota Kupang menjelaskan, pelaksanaan Pemilu besok akan mendapat pengawalan atau pengamanan dari pihak Polresta Kupang Kota dan Linmas.

“2.410 anggota Linmas siap membantu anggota Kepolisian untuk pengamanan. Kita berharap dengan kesiapan-kesiapan ini, kegiatan kita tanggal 14 Februari 2024 ini bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Warga Kota Kupang diimbau agar seluruh masyarakat Kota Kupang bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres dan Pileg besok.

“Kita mengimbau agar seluruh masyarakat Kota Kupang menggunakan hak pilihnya. Tidak boleh golput. Hak suara anda dibutuhkan oleh negara. Jangan sia-siakan suara anda,” pungkas Fahrensy Foenay.

Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe menyampaikan apresiasi kepada unsur forkopimda yang sudah terlibat mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Saya mengharapkan kerja sama dengan media agar pesta demokrasi yang kita laksanakan besok, aman dan tenteram. Saya imbau seluruh masyarakat Kota Kupang berbodong-bodong ke TPS menggunakan haknya, serta menjaga situasi aman dan tenteram,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Wali Kota Kupang Fahrensy Funay menegaskan, sejauh ini ASN di Kota Kupang masih netral dalam Pemilu 2024 ini.

“Kami juga ingin menginformasikan bahwa dari hasil laporan Bawaslu, ternyata seluruh ASN dan TNI POLRI tidak ada laporan-laporan terhadap politik praktis yang dilaksanakan,” terangnya.

“Ini membuktikan bahwa di Kota Kupang ASN netral menyongsong Pemilu. Sampai hari ini, memang tidak ada laporan terkait ketidaknetralan ASN. Ini membuktikan bahwa sosialisasi yang kita lakukan terhadap ASN, PTT dan TNI-POLRI kita telah terlaksana dengan baik. Sampai hari ini, seluruh aparatur di Kota Kupang netral,” pungkasnya.

Sedangkan Kapolresta Kupang Kota Kombes Aldinan Manurung, mengatakan dalam Menyambut pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 ini aparat kepolisian Polresta Kupang Kota terus melaksanakan pengamanan. pihaknya akan menyiagakan 420 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pilpres dan Pileg.

Ia menyebut, ada 3 TPS di Kota Kupang yang berstatus sebagai TPS rawan. Hal ini mengacu pada sejumlah kejadian pada Pemilu 5 tahun lalu.

“1.205 TPS kita bagi menjadi 1.202 TPS kurang rawan dan 3 TPS rawan. 3 tempat itu di Kolhua, Kayu Putih dan Oesapa, kita klasifikasikan dalam 3 TPS yang rawan,” ujar Kombes Aldinan Manurung

Untuk menjaga TPS yang masuk dalam kategori rawan, pihaknya menggerakan 1 polisi, dan 3 orang Linmas untuk menjaga keamanan.

“Anggota kami juga stand by di Polres. Sewaktu-waktu perlu penguatan, kita akan dorong ke sana,” terangnya.

Sementara terkait informasi money politic, Kapolresta Kupang Kota mengaku belum tahu. “Tapi sejauh ini hoax. Dan saya belum temukan kebenaran informasinya,” pungkas Kombes Aldinan Manurung. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini