Permohonan Willy Lay-JT Ose Luan Ditolak, Begini Tanggapan Bupati Belu Terpilih

  • Bagikan
Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Belu

NTT-News.com, AtambuaMahkamah Konstitusi (MK) telah menggelar sidang dengan agenda pengucapan putusan terhadap sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Belu tahun 2020 yang berlangsung di gedung MK RI dan disiarkan secara langsung melalui chanel youtube MK, Kamis (18/03/2021) pagi.

Dalam sidang tersebut, berdasarkan penilaian atas fakta dan hukum, MK dalam konklusi menyimpulkan bahwa pokok permohonan pemohon pasangan calon bupati-wakil bupati Belu, Willybrodus Lay-JT Ose Luan dengan tagline Paket Sahabat dengan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilkada Belunomor 18/PHP.BUP-XIX/2020 tidak beralasan untuk seluruhnya.

Atas kesimpulan tersebut, MK dalam amar putusannya mengadili dan memutuskan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya.

Baca Juga:  Pilkada Belu Panas; KPU Sahkan Paket Sehati, Paket Sahabat Menuju MK

Putusan tersebut dibacakan Hakim Ketua, Anwar Usman yang juga Ketua MK secara bergantian dengan hakim anggota, Enny Nurbaningsih.

Menanggapi putusan MK, Calon Bupati Belu terpilih Paket Sehati, dr. Agus Taolin yang dikonfirmasi mengaku bersyukur atas putusan MK.

“Iya, jadi putusan sudah selesai artinya Paket Sehati sudah pasti memenangkan Pilkada Belu. Kita bersyukur kepada Tuhan atas semua proses yang sudah berjalan selama ini dalam keadaan lancar dan aman hingga pada putusan hari ini,” ungkap dr. Agus melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (18/03/2021) siang.

Dokter Agus juga bersyukur dan mengapresiasi sikap kedewasaan masyarakat kabupaten Belu dalam berdemokrasi sehingga Pilkada Belu 2020berjalan aman dan lancar.

Baca Juga:  Mahkamah Konstitusi Tolak Permohonan Willy Lay-JT Ose Luan

“Prosesnya sudah selesai kita berterima kasih kepada masyarakat Belu yang sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi khususnya proses Pilkada Belu 2020 selama ini tanpa hal-hal yang mengkhawatirkan,” katanya.

Dokter Agus yang akrab dikenal AT ini mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu membangun Belu. Pihaknya akan menjalankam program yang sudah disampaikan dalam kampanye dan akan dikawal dengan sebaik-baiknya.

Kesempatan itu, Bupati Belu terpilih ini menyampaikan terimakasih kepada seluruh pendukung Paket Sehati dan seluruh masyarakat Belu yang sudah mendukung kemenangan Paket Sehati.

Ia menghimbau, tim, relawan dan seluruh pendukung untuk menghargai kemenangan Paket Sehati namun tidak bereuforia berlebihan.

AT juga mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada pasangan calon bupati-wakil bupati Belu, Paket Sahabat Willybrodus Lay-JT Ose Luan sebagi rivalnya dalam Pilkada Belu 2020.

Baca Juga:  Kuasa Hukum Sebut DPRD Perlu Belajar lagi soal Pemanggilan Willy Lay-Ose Luan

“Terima kasih untuk seluruh komponen masyarakat Belu tim pemenang, simpatisan yang mendukung kami dengan doa dan usaha, kerja keras dan kesabaran selama proses Pilkada. Kami menghimbau untuk tim dan relawan seluruh pendukung Sehati untuk kita menghargai kemenangan ini tetapi tidak bereuforia berlebihan apalagi di masa pandemi ini kita tetap menjaga ketenangan dan protokol kesehatan. Kita juga menghargai yang kalah, kita memberikan apresiasi yang tinggi kepada mereka dan mengajak untuk bersama membangun kabupaten Belu,” tutupnya.

Laris Mataubana

  • Bagikan