Peringati Hari Sarasvati, Puluhan Umat Hindu-TTU, Gelar Persembayangan Syukur

  • Bagikan
Persembahyangan umat Hindu

NTT- News.com, Kefamenanu – Merayakan hari raya Sarasvati, puluhan umat hindu di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Menggelar kegiatan persembayangan atas ucapan syukur pemeluk agama hindu kepada Dewi Sarasvati yang telah menurunkan ilmu pengetahuan.

Makna dari hari raya Sarasvati adalah hari raya turunnya ilmu pengetahuan yang dirayakan setiap 210 hari dengan perhitungan kalender Bali, yang di lakukan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu pengetahuan.

Kegiatan persembayangan umat Hindu di TTU, yang berlangsung di pura Kefanantha itu di hadiri oleh puluhan umat hindu dan di kawal ketat oleh pihak keamanan, serta kegiatan persembayangan tersebut di laksanakan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Baca Juga:  Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Di TTU Adakan sejumlah Ritual Upacara

Pinanditha, Jero Mangku .I. Nengha Radin, S.Ag., menyampaikan, “banyak dari kita yang masih melupakan bersyukur atas pengetahuan yg kita peroleh, kita cenderung lebih bersyukur atas hasil dari pengetahuan saja yg sudah berupa material, contohnya seorang petani memanen hasil yg baik, yg di syukuri hanya hasil panen yg baik saja, tapi tidak bersyukur atas pengetahuan yang di dapat, pengetahuan berupa cara mengolah lahan, tidak mungkin kan tiba tiba saja kita terlahir dan langsung mengetahui cara menanam padi dan mengolah lahan pertanian, kita perlu mencari, memperoleh, mempelajari dan akhirnya mengetahui semua itu perlu disyukuri karena semua itu tidak datang dengan sendirinya melainkan pemberian Tuhan melalui turunnya ilmu pengetahuan ini,” tuturnya.

Baca Juga:  Umat Hindu di TTU Gelar Persembayangan Purnama Songsong Bulan Tilem

Di tambahnya lagi, lanjutnya, “perayaan ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk lebih serius lagi mengucapkan syukur kepada Tuhan atas kemurahan-Nya yang telah menganugerahkan vidya(ilmu pengetahuan) dan kecerdasan kepada kita semua dan dengan vidya kita harus terbebas dari Avidya (kebodohan) dan menuju kebenaran sejati (sat) dan kebahagiaan abadi, seperti yang sudah jelas diketahui, Sarasvati adalah sungai pengetahuan yang mengalir di sungai tertinggi Brahma dan turun ke pikiran kita melalui pintu belajar untuk menjadi mapan dalam diri kita sebagai pengetahuan dan kebijaksanaan, Dia adalah pembersih dalam upaya kita untuk pembebasan,” bebernya.

Sedangkan, Ibu Ni Ketut Sri Dewi Shinta, S.Pd., salah satu penyuluh agama Hindu kepada media ini melalui pesan Whatsapp, Sabtu (04/06/2020), membenarkan adanya kegiatan persembayangan umat hindu yang di gelar di pura Kefanantha.

Baca Juga:  Umat Hindu di TTU Gelar Persembayangan Purnama Songsong Bulan Tilem

“Hari ini hari sabtu 04 Juli 2020, kami umat Hindu merayakan hari raya Sarasvati, hari turun nya ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Untuk sementara ini kegiatan nya persembahyangan saja, kegiatan prsembayangan ini hanya di hadiri oleh umat hindu, dan juga dilaksanakan berdasarkan protokol kesehatan dan aturan new normal yang berlaku.

Sebagai salah satu penyuluh agama, Ibu yang akrab di sapa Sri berharap, “semoga kedepannya kita lebih bersyukur lagi atas kesempatan yang masih diberikan Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan yang maha Esa) untuk menikmati setiap anugrah-Nya Terkhusus dalam ilmu pengetahuan,” tandasnya.

Penulis : Laris Mataubana

  • Bagikan