Peringati Hardiknas dengan Menggelar Expo, Bupati: Ayo Daftar di SMKS Pancasila Tambolaka

0
215
Bupati Sumba Barat Daya dan Ketua PKK SBD saat mengunjungi stand Multi Media SMKS Pancasila Tambolaka

NTT-News.com, Tambolaka – Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Pancasila Tambolaka memperingati hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 dengan menggelar Expo Pameran hasil karya siswa-siswinya.

Expo yang dikemas dengan pameran hasil karya dari para siswa SMKS Pancasila Tambolaka yang dipimpin Kepala Sekolah Alexander Rangga Pija itu dihadiri Bupati Sumba Barat Daya, dr. Kornelius Kodi Mete, Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, Kepala Dinas Pendidikan sekaligus Plt Sekda SBD, Fransiskus M. Adilalo, Ketua PKK Kabupaten SBD dan Kepala Dinas Pariwisata SBD serta seluruh mitra dari SMKS Pancasila.

Menariknya lagi, hampir keselurhan hasil karya yang dipamerkan oleh siswa-siswi SMKS Pancasila bersumber dari barang bekas plastik dan kertas yang di daur ulang menjadi wadah yang bermanfaat maupun dalam bentuk kebutuhan fashion.

Polda NTT Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Tersangka Pembunuhan Ibu dan Anak

Sehingga Bupati SBD sekaligus sebagai Ketua Yayasan Sang Penebus yang menaungi SMKS Pancasila terkesima dengan mampuan siswa disekolah itu. Bahkan tidak segan-segan pula mengajak siswa-siswi SMP se-kecamatan Kota Tambolaka dan Loura untuk mendaftar di SMK Pancasila ini.

“Saya bangga melihat sekolah ini, semakin luas dan tidak terlihat padat, padahal sekolah ini sebenarnya sudah padat. Saya bangga dengan kemampuan guru-gurunya yang mampu mentransfer ilmu pengetahuan kepada para pelajar SMKS Pancasila, sehingga hari ini mereka menampilkan hasil karya mereka dengan baik. Saya pikir ini asli, ternyata barang bekas. Dan ini luar biasa,” pujinya, Kamis (13/5/2022) pagi.

Merasa Ditelantarkan Pemda, Warga SBD Ini Mengadu Ke DPRD

Bupati dua periode ini juga memuji Kepala SMKS Pancasila yang terus berusaha membuat sekolah itu semakin maju dan menjadi satu-satunya SMK Swasta yang memiliki tenaga profesional tersertifikasi.

“Saya juga sangat salut dengan kemampuan Kepala SMKS Pancasila dalam mengembangkan sekolah ini dan membangun sumber daya manusianya. SMKS Pancasila menjadi SMK Swasta terbaik di daratan Sumba. Sekolah ini memiliki dua orang guru tenaga bersertifikat profesional. Jadi mau apa lagi, datang daftar di SMKS Pancasila ini. Motto SMK Bisa sudah terbukti karena alumninya sudah mulai ada di mana-mana,” tandasnya.

Polda NTT Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Tersangka Pembunuhan Ibu dan Anak

Melihat semangat panitia expo yang notabenenya dari kalangan Pelajar SMKS Pancasila, dan mendengar jumlah dana yang menurutnya hanya sedikit tetapi mampu membuat kegiatan expo semenarik mungkin, Bupati SBD atas nama Ketua Yayasan Sang Penebus juga memberikan berupa uang tunai kepada panitia.

Sementara itu, Kepala SMKS Pancasila Tambolaka, Alex Rangga Pija dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan expo tersebut.

Selain kesuksesan kegiatan expo yang digelar untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022, Kepala SMKS Pancasila ini menyampaikan terima kasih khusus untuk Desma Center yang telah mendukung penuh SMKS Pancasila sehingga dua orang tenaga profesional dibidang pariiwisata boleh lolos sertifikasi dan menjadikan SMKS Pancasila sebagai satu-satunya SMK di Sumba yang memiliki dua orang tenaga profesional.

Mengenal Lebih Dekat “Balon” Bupati SBD, Dominggus Dama

Kepala SMKS Pancasila juga mengisahkan bahwa selama 17 tahun dirinya memimpin sekolah itu, kelulusan yang di raih setiap tahun selalu menjadi 100 persen.

Baginya, prastasi ini adalah prestasi yang membaggakan karena hampir semua tamatan SMKS Pancasila dipakai ditengah-tengah masyarakat, baik di pemerintahan, mapun swasta khususnya di dunia usaha sebagai dengan keilmuan yang digeluti semasa sekolah.

Dari sisi minat dan bakat, khususnya di dunia olahraga, SMKS Pancasila sudah tidak diragukan lagi. “Untuk sepak bola kami sudah sampai ketingkat nasional, meskipun kalah dengan Jawa Timur tetapi kami harus berbangga bahwa itu adalah prestasi luar biasa karena mampu bersaing dengan sekian banyak sekolah di NTT,” tuturnya.

Merasa Ditelantarkan Pemda, Warga SBD Ini Mengadu Ke DPRD

Sementara dalam lomba debat bahasa Inggris juga, kepala sekolah yang dikenal murah senyum dan tegas ini mengaku menjadi yang selalu terbaik diantara SMK swasta lainnya di Sumba.

Pada kesempatan terakhir dia menyampaikan bahwa saat ini SMKS Pancasila sedang membuka penerimaan siswa baru. Penerimaan siswa baru ini tidak saja berpatokan kebutuhan sesuai dengan jumlah yang diinginkan tetapi untuk memilih yang memiliki keinginan dan kemampun berdaya saing di sekolah.

Terobosan Cerdas Bank NTT Hadirkan Digital Lounge di Destinasi Wisata Super Premium Labuan Bajo

“Jadi ini kita terima siswa baru, dan seleksi kali ini juga seleksinya akan sangat ketat karena dikawal langsung oleh Desma Center,” tutupnya. (NN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini