Pemdes Fatu’ana Segera Siapkan Tangki Penampung Air bagi Warga

  • Bagikan
Kepala desa Fatu'ana, Fransiskus Atolan ketika dijumpai media ini di kediamannya

NTT-News.com, Kefamenanu – Pemerintah Desa Fatu’ana, kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), segera siapkan tangki penampung air bersih kepada seluruh masyarakat desa setempat tanpa terkecuali.

Hal ini di sampaikan kepala desa Fatu’ana, Fransiskus Atolan (61), kepada wartawan media ini ketika dijumpai dikediamannya, Minggu sore (02/08/2020). Dia mengatakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan segera mengatasi kekeringan yang saat ini dialami oleh warganya.

“Kami pihak pemerintah dalam waktu dekat ini akan segera mengatasi kekeringan yang saat ini tentunya terjadi di beberapa titik lokasi desa termasuk desa Fatu’ana, dengan cara merealisasikan 208 fiber penampung air 1.100 liter (L), bagi 208 kepala keluarga (KK),” ungkapnya.

Baca Juga:  Tahun 2020 TTU Dapat Tambahan Dana¬† Desa Sebesar Rp 5 Milyar

Sebagai seorang pemimpin desa dirinya menambahkan bahwa, pengadaan tangki penampung air bersih 1.100 liter (L), dari pemdes bukan hanya sekedar meringankan masyarakat dalam menampung air bersih, tetapi sebagai salah satu bentuk terobosan pemerintah setempat dalam mengatasi kekeringan yang terjadi saat ini.

“Dengan adanya tangki penampung air nanti, masyarakat akan mudah menghungi mobil tangki untuk datang dan mengisi air di bak penampung, sekaligus bisa meringakan mereka dimana 4 sampe 5 KK bisa berkumpul dan membayar biaya mobil tangki yang senilai Rp.125.000.00,” Katanya.

Baca Juga:  Korupsi Dana Desa, Jaksa Tidak Terima Putusan Pengadilan

Kepala Desa yang akrab disapa Frans itu menilai bahwa, terobosan yang dilakukan pihaknya ini akan terealisasi nanti dalam waktu yang dekat dan diambil dari dana desa, akan tetapi jika masih lama dan belum cair maka pihaknya akan coba membicarakan serta menunjukkan Raps desa agar dapat menghadirkan pihak ketiga atau mitra kerja untuk bisa merealisasikan tangki penampung air tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah setempat kepada warga desa yang mengalami kesulitan air bersih.

Baca Juga:  Kades Rada Loko Segera Dilaporkan ke Kejaksaan

“Itu hari kami sudah susun APBDes, untuk mengadakan tangki penampung air bersih, jadi kita tinggal menunggu jika nanti cair maka kami akan merealisasikan kepada masyarakat, tetapi jika masih bertele-tele dan lambat maka kami siap hadirkan mitra kerja untuk realisasikan bak penampung air bersih,” tegasnya.

Frans Atolan berharap, mudah-mudahan dengan adanya salah satu terobosan dari pemdes keluhan masyarakat terkait air bersih bisa ditanggulangi.

“Dengan demikian kesulitan air yang selama ini dikeluhkan masyarakat bisa diatasi,” tutupnya.

Penulis : Laris Mataubana

  • Bagikan