Pasola Segera Berlangsung, Simak Jadwalnya disini

  • Bagikan
Pasola di Sumba (foto.web)

NTT-News.com, Tambolaka – Beberapa waktu lalu, Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelius Kodi Mete mengajak masyarakat di seluruh Dunia terlebih kepada pencinta petualangan untuk datang menikmati keindahan alam dan kekayaan budaya Atraksi Pasola di Pulau Sumba khususnya di wilayah Kodi.

Pasola ini hanya ada di Sumba. Pasola adalah tradisi perang di atas Kuda menggunakan tombak Kayu sebagai tombak untuk melempar lawan. Ini adalah pertarungan sengit dan memacu adrenalin, bukan saja mereka yang berperang di atas Kuda, kita yang menyaksikan juga pasti merasakan itu,” cerita lelaki yang akrab disapa Dokter Nelis ini, Sabtu 23 November 2019 lalu.

Baca Juga:  Ratenggaro, Kampung adat Warisan Marapu Berbalut Digital

Setelah melakukan ritual adat bersama para Rato atau tetua adat dari berbagai kampung, terutama Kampung Adat Tosi atau Tohik, maka sesuai kalender adat dalam hitungan bulan purnama atau gelap ke tujuh akan jatuh pada tanggal 17 Februari 2020.

Oleh karena itu berdasarkan kesepakatan tua adat dan pemerintah setempat maka Pasola dijadwalkan dan dipastikan akan #wisataberlangsung pada tanggal 15 Februari 2020 di Lapangan Homba Halayo sebagai atraksi pertama, selanjutnya sebagai pasola inti akan berlangsung pada tanggal 17 Februari 2020 di Lapangan Bondo kawango dan tanggal 18 di lapangan Rara Winyo.

Baca Juga:  Pasola dan Nihiwatu di Sumba Masuk Nominasi Obyek Wisata API 2016

Sementara pada Maret 2020 mendatang akan berlangsung pula atraksi yang sama di Kecamatan Kodi balghar, yakni di Waiha dan Lapangan Wainyapu.

Jadi, tunggu apa lagi, ayo datang dan saksi atraksi menegangkan ini, mumpung harga tiket pesawat menuju Tambolaka sedang promo.

Untuk penginapan Rumah Adat juga bisa menjadi pilihan untuk mnginap dan berbaur dengan masyarakat disana. Intinya menghormati beberapa pantangan yang disampaikan oleh masyarakat atau pengelola rumah adat di daerah itu.

Baca Juga:  Ini Jadwal Pasola 2019 di Sumba Barat Daya

Penulis : Lorens

  • Bagikan