Pagi Ini Presiden Joko Widodo Akan Kunjungi Kabupaten Sumba Timur

0
485
Joko Widodo disambut Gubernur NTT/BPMI
Presiden RI, Ir. Joko Wido disambut Gubernur NTT, Vicktor Bungtilu Laiskodat (BPMI)

NTT-News.com, Kupang – Kamis, 2 Juni 2022 hari ini, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dipastikan akan mengunjungi Kabupaten Sumba Timur dalam rangkaian kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur setelah dua hari sebelumnya berada di Kabupaten Ende.

Kunjungan kerja tersebut berlangsung dalam rangkaian agenda peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 yang akan dipusatkan di Ende Flores sebagai Kota Pancasila pada Rabu, 1 Juni 2022 kemarin.

Pemerintah kabupaten Sumba Timur pun telah memastikan kunjungan kerja tersebut. Kunjungan kerja ke Sumba Timur akan dilaksanakan setelah rangkaian kunjungan kerja ke Ende dan Bajawa Kabupaten Ngada, kemarin.

Baca juga:  Tinjau Lahan Pertanian, Jokowi Janjikan Bendungan dan Sumur Bor untuk Sumba Tengah

Dikutip dari Pos-kupang.com, Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu saat Rapat Persiapan kunjungan Presiden Jokowi yang berlangsung di Aula Setda Sumba Timur, Senin 30 Mei 2020 malam menyebut bahwa Presiden Joko Widodo dan rombongan akan tiba di Waingapu pada Kamis 2 Juni 2022 Pkl. 08.55.

Presiden RI, Ir. Joko Widodo dan rombongan akan disambut dengan upacara penyambutan secara adat. Pada kunjungan, Kepala Negara dijadwalkan akan melakukan peninjauan budidaya sorgum di Laipori – Desa Palakahembi Kecamatan Pandawai sekira pukul 09.00 Wita. Lokasi tersebut merupakan lokasi budidaya sorgum milik PT. Sumba Moelti Agriculture.

Budidaya sorgum di lokasi tersebut telah dimulai pada 7 Januari 2022 saat Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko melakukan penanaman perdana. Sementara, sebelumnya pada 12 Mei 2022 yang lalu juga telah dilakukan panen perdana oleh Staf Kepresidenan.

Usai agenda peninjauan budidaya sorgum, Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Pasar Inpres Matawai di Kelurahan Matawai, Kecamatan Kota Waingapu pada pukul 10.45 Wita. Di lokasi Pasar, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menyerahkan bantuan PKH bagi perwakilan penerima manfaat.

Presiden Joko Widodo dan rombongan dijadwalkan akan meninggalkan Waingapu pada pukul 13.15 Wita dari Bandara Umbu Mehang kunda Waingapu dengan pesawat kepresidenan.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur menyambut gembira rencana kunjungan Presiden Joko Widodo atau Presiden Jokowi ke wilayah itu.

Pemerintah kabupaten Sumba Timur langsung menggelar rapat persiapan Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sumba Timur pada Senin 30 Mei 2022 malam, setelah mendapat informasi kunjungan mantan walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu pada siangnya.

Rapat persiapan menerima kunjungan Presiden RI, Ir. Joo Widodo yang berlangsung di Aula Setda Sumba Timur sekitar pukul 19.00 Wita itu dipimpin Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu yang didampingi Forkopimda Sumba Timur.

Hadir Ketua DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq, Ketua Pengadilan Negeri Waingapu Michael Last Yuliar Syamriyadi Nugroho, Waka Polres Sumba Timur Komisaris Arif Sadikin dan Kasdim 1601 Sumba Timur Kapten Inf. Sambudi.

Baca juga : Dandim, Kapolres dan Jurnalis di SBD Salurkan Bantuan Jokowi

Rapat persiapan Kunjungan Presiden Joko Widodo itu diikuti oleh pimpinan para staf ahli, asisten Setda, pimpinan perangkat daerah, para camat, para lurah serta kepala Desa di Kecamatan Kota Waingapu, Kamera, Kanatang dan Pandawai serta para pimpinan BUMN, BUMS dan BUMD.

Dalam rapat dengan moderator Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Umbu Ngadu Ndamu tersebut, dibahas persiapan penyambutan dan pelaksanaan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo selama dua hari.

Seluruh jajaran pemerintahan yang telah ditetapkan sebagai panitia kegiatan bersama dengan masyarakat diharapkan untuk menyukseskan agenda kunjugan Presiden Joko Widodo tersebut.

Wakil Bupati David Melo Wadu mengatakan, segala persiapan akan disesuaikan dengan agenda kunjugan yang ditetapkan oleh protokoler Istana Negara.

Baca juga : Presiden Jokowi Jadwalkan Kembali Kunjungan Ke Sumba

“Kita berharap semua dapat berkontribusi untuk menyukseskan kunjungan ini. Ini menjadi kebangan bagi masyarakat Sumba Timur secara keseluruhan bahwa Bapak Presiden Joko Widodo berkenan mengunjungi rakyatnya di Sumba Timur,” ujar David Melo Wadu usai rapat.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan tiba di Waingapu pada Kamis 2 Juni 2022 Pkl. 08.55. Presiden Jokowi akan melaksanakan dua agenda kunjungan yakni ke Desa Laipori Kecamatan Pandawai dan Pasar Inpres Matawai. (*/rm)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini