OJK Dorong Bank Daerah Jalankan Program Laku Pandai

0
382
Pelatihan Wartawan yang di Gelar OJK di Kupang
Pelatihan Wartawan yang di Gelar OJK di Kupang
Pelatihan Wartawan yang di Gelar OJK di Kupang

NTT-News.com, Kupng – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nusa Tenggara Timur (NTT) mendorong sejumlah Bank milik pemerintah daerah untuk menjalankan program branchless banking atau program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).

“Kami berharap Bank NTT bisa terapkan program ini,” kata Direktur pengembangan inklusi keuangan OJK, Eko Ariantoro saat pelatihan wartawan di Kupang, Senin, 28 Maret 2016.

Program branchless banking atau Laku Pandai adalah program penyediaan layanan perbankan atau program layanan keuangan lainnya melalui kerjasama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Program ini, menurut dia, masih banyak masyarakat yang belum mengenal atau menggunakan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya. Biasanya disebabkan tempat tinggal yang jauh dari kantor Bank, adanya biaya, atau persyaratan yang memberatkan.

Jika kelompok masyarakat di NTT menggunakan layanan keuangan atau perbankan diharapkan kegiatan ekonomi masyarakat bisa menjadi lebih lancar, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar wilayah di NTT terutama antara desa-kota.

“Laku Pandai” menyediakan tiga produk yakni tabungan dengan karakteristik Basic Saving Account (BS), Kredit atau Pembiayaan kepada nasabah mikro, dan produk lainnya seperti asuransi mikro.

“Agen Laku Pandai bisa dijalankan penduduk setempat dengan syarat memiliki kegiatan di lokasi sebagai sumber penghasilan utama. Jika Perorangan maka harus memiliki kemampuan, kredibilitas, reputasi dan integritas, berdomisi di daerah itu serta dikenal masyarakat di wilayah tempat tinggalnya,” ujarnya. (rey)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini