Nelayan Kota Kupang Terima Bantuan Perahu dari Rumah Zakat

  • Bagikan
Penyerahan Perahu secara simbolis dan virtual

NTT-News.com, Kupang – Lembaga kemanusiaan Rumah Zakat menyerahkan bantuan berupa dua unit perahu motor bagi nelayan Kota Kupang. Perahu motor berukuran 3 GT itu diperuntukkan bagi para nelayan yang terdampak badai siklon tropis seroja pada April 2021 lalu.

Penyerahan berlangsung secara virtual disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH, Selasa (31/8). Turut hadir secara virtual dalam kegiatan tersebut, Lurah Namosain, Ester M.S. Manu.

Dalam sambutannya mewakili Walikota Kupang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH menyampaikan apresiasi kepada Rumah Zakat dan para donaturnya yang melalui kegiatan ini sudah memberikan perhatian kepada warga Kota Kupang, terutama para nelayan.

Baca Juga:  Walikota Kupang Terima Penghargaan 5 Besar Indeks Kota Toleran 2020

Diakuinya pada tahun ini, di tengah perjuangan menghadapi pandemi covid-19, Kota Kupang juga pada April 2021 lalu diterjang badai siklon tropis seroja. Tidak hanya rumah warga yang rusak berat, tapi juga banyak perahu nelayan yang tersapu badai, yang mengakibatkan banyak nelayan yang kehilangan mata pencahariannya.

Ignas menambahkan, Pemerintah Kota Kupang telah berupaya baik dengan dukungan anggaran pemerintah daerah, maupun bantuan pemerintah pusat serta sumbangan para mitra dan donatur untuk membantu warga yang terdampak.

Bahkan beberapa hari lalu dalam pertemuan bersama Wakil Menteri Keuangan RI, Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM,MH juga sudah menyampaikan permohonan bantuan dari pemerintah pusat khusus bagi para nelayan Kota Kupang yang terdampak badai seroja lalu.

Baca Juga:  Pemkot Kupang Segera Lounching Aplikasi Pengaduan Online

Menurutnya bantuan perahu dari Rumah Zakat hari ini, sudah menjawab sebagian dari permintaan Wali Kota tersebut. Kepada para nelayan penerima bantuan, Ignas mengimbau untuk memanfaatkan secara baik demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

Direktur Program Rumah Zakat, Murni Alit Baginda menyampaikan kegiatan hari ini merupakan bagian dari komitmen untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Dengan bantuan perahu ini dia berharap para nelayan kecil bisa memperoleh akses untuk memanfaatkan sumber daya laut.

Diakuinya saat badai siklon tropis seroja melanda Kota Kupang beberapa waktu lalu, Rumah Zakat sudah langsung menerjunkan sejumlah relawannya untuk membantu warga yang terdampak, lewat bantuan makanan siap saji, perlengkapan, obat-obatan, air bersih dan masker.

Baca Juga:  Empat OPD di Kota Kupang jadi Percontohan Penerapan ISO 9001

Pada kesempatan yang sama Murni menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang selama ini terus memberikan dukungan pada Rumah Zakat. Dia berharap kerja sama ini terus berlanjut karena masih banyak warga terdampak yang membutuhkan uluran tangan.

Ramadhan Ikbal, warga Kelurahan Namosain yang menerima bantuan perahu motor tersebut menyampaikan terima kasih kepada Rumah Zakat. Dia berharap program bantuan semacam ini bisa terus berlanjut, karena masih banyak rekan-rekan nelayan lainnya yang kehilangan perahu dan membutuhkan bantuan. *PKP_ans

  • Bagikan