Musik itu Hidup

0
313
Helena Deci

NTT-News.com – Musik adalah suatu hasil karya seni bunyi dalam susunan nada dan suara yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Menurut KBBI V musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Musik bisa mempengaruhi seseorang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ada sebagian orang yang menjadikan musik sebagai penyemangat dalam situasi tertentu. Salah satunya adalah saat seseorang sedang galau. Musik akan menjadikan orang tersebut bisa melupakan sedikit perasaan galaunya ketika dia mendengarkan lagu-lagu favorit yang menurutnya bisa menghilangkan rasa galau yang sedang dialaminya.

Melalui musik saya dapat memperoleh ketenangan jiwa serta dapat menghilang kejenuhan setelah beraktivitas. Musik bagi saya memiliki pengaruh yang sangat penting. Dengan mendengarkan musik saya bisa terinspirasi untuk melakukan suatu hal baru yang menantang diri sendiri.

Musik terdiri dari beberapa unsur, yaitu melodi, harmoni, ritme dan timbre. Musik termasuk sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki, dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni (Wikipedia).

Saat ini, musik bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Acara musik di televisi dan radio pun semakin banyak. Hampir semua orang setiap harinya mendengarkan musik.Kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk membeli gadget yang dapat digunakan untuk mendengarkan musik, daripada gadget yang tidak bisa digunakan untuk mendengarkan musik.

Melalui rangsangan ritmis dari alunan musik dapat menimbulkan berbagai reaksi psikologis seseorang, seperti dapat menghilangkan stres, membantu mengatasi kecemasan, Memperbaiki mood (suasana hati) dan dapat menimbulkan perasaan tenang dan kenyamanan. Musik juga merupakan salah satu cabang seni yang berfungsi untuk memberikan hiburan kepada penikmatnya.Meskipun seseorang tidak memahami teks atau lirik pada musik tersebut, akan tetapi mereka akan merasa terpuaskan hanya dengan mendengarkan melodi maupun ritme dalam musik tersebut (ilmuseni.com).

Bisa dibilang fungsi musik menjadi suatu bagian yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan. Bahkan buat beberapa orang musik adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup. Rasanya hampa kalau sehari saja tanpa mendengarkan musik.

Di pusat perbelanjaan atau tempat nongkrong, setiap harinya pasti memutar musik untuk menemani aktivitas mereka dan juga para pelanggan. Di kafe, toko bahkan kendaraan umum pun banyak orang yang mendengarkan musik. Selain itu, beberapa dari kita pasti pernah belajar atau bekerja sambil mendengarkan musik. Musik merupakan salah satu jenis seni yang bisa untuk melakukan refreshing. Harmoni suara dari musik bisa menjadi media untuk mengusir kecemasan atau memberi efek menenangkan, hingga mendongkrak semangat dan membuatmu jadi makin produktif.

Musik adalah belahan jiwaku. Dengan musik aku bisa melakukan segala aktivitasku dengan lancar, dengan musik aku bisa melupakan semua masalah yang ada dalam hidupku, dengan musik juga aku bisa merasakan bahwa hidupku lebih berwarna. Musik mengajarkanku bahwa segala sesuatu yang kita kerja akan berjalan dengan lancar atau bahkan membuat kita menjadi lebih semangat dalam melakukan segala aktivitas kita. Musik memberikan kesenangan tersendiri bagi masing-masing orang.

Helena Deci, Mahasiswa Semester 3 UNIKA St. Paulus Ruteng, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini