Manfaat Media Sosial bagi Para Pelajar

0
919
Klaudia Awa, Mahasiswi Semester III Unika St. Paulus Ruteng

NTT-News.com – Penggunaan media sosial bagi pelajar sangat memudahkan dalam proses pembelajaran. Lewat sosial media saja, para pelajar secara aktif bisa lebih kreatif dan mandiri sehingga kualitas pelajaranpun bisa semakin meningkat baik dan segi pengetahuan maupun kualitas semakin bertamabah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan We Are Social dan Hootsuite baru-baru ini, menyatakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki jumlah pengguna media sosial dengan angka yang cukup banyak yaitu mencapai 130 juta pengguna aktif menggunakan berbagai macam media sosial seperti instagram, twitter, facebook dan yang lainnya. Serta masih dalam laporan yang diberikan We Are Social pada bulan Januari 2018 juga terungkap bahwa total masyarakat Indonesia mencapai 256,4 juta pendudukan dengan penetrasi internet usermancapai 132,7 user.

Di samping itu berhubungan dengan perkembangan pengguna media sosial di Indonesia, hal tersebut juga sudah mempengaruhi pada lingkup pendidikan khususnya dalam pola pembelajaran. Di mana media sosial dilibatkan dengan metode elearning.

Sementara cara menggunakan media sosial agar bisa semakin memicu kualitas para pelajar adalah dengan memanfaatkan berbagai macam kemudahan komunikasi serta informasi yang dimiliki oleh media yang berhubungan.

Beberapa media yang memang sudah banyak digunakan dan bisa menjadi salah satu pemicu kualitas pelajar dalam mendapatkan informasi adalah facebook, twitter, youtube dan blog. Bila pemanfaatannya dilakukan secara maksimal, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa lebih meningkatkan kualitas dari ilmu tertentu.

Peran media sosial memang sangat penting dalam kehidupan para pelajar. Seringkali lebih mudah dan nyaman untuk mengakses informasi, memberikan informasi dan berkomunikasi melalui media sosial. Ini merupakan hal yang sangat membantu pekerjaan para kaum terpelajar. Media sosial dapat digunakan sebagai sarana berdiskusi tanpa harus bertemu atau bertatap muka. Hal ini merupakan hal yang sangat bagus karena masa pandemi ini memaksa kita semua untuk tetap dirumah dan melakukan semua pekerjaan dari rumah, termasuk sekolah.

Media sosial

Media sosial adalah media daring yang berbasis internet dan bisa digunakan oleh manusia sebagai sarana untuk melakukan interaksi sosial. Pada dasarnya, media sosial merupakan dampak dari adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan pengaruh dari adanya globalisasi. Pada zaman sekarang, media sosial bisa dikatakan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari manusia karena memiliki manfaat yang sangat besar dalam kemudahan pencarian informasi dan komunikasi jarak jauh.

Media sosial juga mulai digunakan dalam dunia pendidikan dan merupakan upaya dari dunia pendidikan untuk mengikuti perkembangan zaman. Sebenarnya, dengan penggunaan yang bijaksana dan benar, media sosial bisa membawa pengaruh yang sangat baik kepada para pelajar.

Agar peranan media sosial dapat tercipta dengan maksimal harus ada kekompakan yang tercipta antara peserta didik dan pendidik dalam memanfaatkan fitur-fitur media social yang tersedia dengan penggunaan yang maksimal dan bermanfaat tentunya.

Maka dari itu, beberapa manfaat media sosial bagi para pelajar:

Sebagai Media Pembelajaran

Tidak hanya di sekolah, menuntut ilmu pada dasarnya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.Keberadaan media sosial membuat kamu sebagai pelajar dan mahasiswa menemukan banyak pengetahuan dan ide baru yang semakin menambah wawasan kamu.Kamu dapat memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi atau bertukar pikiran dengan teman sesama pelajar atau mahasiswa lainnya.

Selain itu, media sosial mewadahi berbagai konten inovatif yang bisa memberikan tips, trik, petunjuk, materi, hingga tutorial yang tentunya sangat bermanfaat bagi kamu.

Kemampuan Beradaptasi

Dengan jejaring sosial siswa akan mampu belajar cara mengembangkan kemampuan teknis dan sosial yang dibutuhkan mereka dalam menghadapi era digital sekarang ini. Mereka akan menemukan cara beradaptasi dan bersosialisasi dengan sahabatnya di jejaring sosial, serta kemampuan memanajemen pertemanan mereka.

Melanjutkan Pembahasan Pelajaran

Memulai jaringan kelompok belajar kolaboratif bisa menghemat waktu dan tenaga banyak orang. Bagi pelajar yang tak dapat menghadiri kelas tertentu, tak perlu khawatir ketinggalan pelajaran karena saat ini media sosial seperti Periscope, Skype atau SnapChat bisa membantu pelajar. Para pelajar dapat menggunakan Google Hangout untuk memfasilitasi mereka ketika belajar kelompok. Pelajar yang ingin mengajukan pertanyaan kepada ahli, dapat memanfaatkan Twitter atau Jelly yang dirancang untuk membangun koneksi melalui pertukaran pertanyaan atau jawaban antar pengguna.

Mengatur Sumber Pembelajaran

Media sosial dapat membantu untuk menjaga semua informasi agar terorganisir dan mudahdiakses. Dengan media sosial, maka data yang pelajar miliki akan aman, akurat dan bisa saling dibagikan menggunakan tools seperti Pinterest atau Tumblr. Jika dokumen yang dibutuhkan tidak atau belum diposting ke media sosial, gunakan Google Drive, Box atau Dropbox untuk mengumpulkan materi pembelajaran. Selain itu, pelajar juga bisa menggunakan layanan berbagi konten seperti Google Docs untuk tugas kelompok. Fitur tersebut membantu pelajar dalam mengorganisir kelompok dan tugas menjadi lebih mudah.

Saran

Bagi parapelajarmanfaatkanmedia sosial sebaiknyaguna untukbelajar, daripada hanya untuk mencari informasi yang tidak berguna.Denganmedia sosial anda bisa mencari  hal-hal yang positif  atau lebih bermanfaat bagi kehidupan belajar anda. (Klaudia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini