Kolping Berkarya untuk Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 di Pulau Sumba

  • Bagikan
Sosialisasi di Kolping Anakalang, Sumba Tengah

NTT-News.com, Anakalang – Pandemi Covid-19 yang sedang melanda kehidupan masyarakat seantero dunia saat ini telah menimbulkan kecemasan tersendiri. Virus mematikan ini telah menginfeksi jutaan manusia bahkan menimbulkan korban jiwa dengan jumlah yang sangat mencengangkan.

Semua pihak berjuang berbuat sesuatu untuk menanggulangi penyebaran virus mematikan ini. Demikian pula dengan Karya Kolping Sumba. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh lembaga ini adalah menyediakan masker, sabun untuk mencuci tangan, tempat cuci tangan, demo cara menggunakan disinfectant dan pembagian sedikit sembako.

Baca Juga:  Ingin Menang di Sumba Tengah, PDIP Lirik Figur Kuat dari Daerah hingga Pusat

Sebelum menyerahkan bantuan tersebut dilakukan sosialisasi tentang kesehatan khususnya tentang perilaku hidup bersih dan sehat dan simulasi mencuci tangan, menyemprot ruangan, cara menggunakan masker yang benar. Kegiatan sosialisasi dan penyerahan bantuan ini dikoordinir oleh Sisilia Pawolung bekerja sama dengan pihak medis dari Klinik Pratama Karitas – Katiku Loku.

Kegiatan ini berlangsung, Sabtu, 18 April 2020 di Pusat Kolping Sumba di Katiku Loku, Sumba Tengah yang dihadiri oleh Kelompok Ibu-ibu Kolping Katiku Loku dan bersama para ibu lainnya juga para ibu janda yang layak dibantu di sekitar wilayah Katiku Loku, Desa Mata Woga.

Baca Juga:  Dompet Dhuafa Jamah Pelosok NTT, Warga Ucapkan Terima Kasih

Kegiatan sosialisasi ini tetap memperhatikan dan menerapkan protkol kesehatan penanggulangan Covid 19 dengan menjaga jarak termasuk membatasi jumlah peserta. Kegiatan penyuluhan kesehatan yang berlangsung selama satu jam ini dipandu oleh ibu Lusia Rambu, anggota Kolping sekaligus bidan dari Karitas.

Dalam arahannya, Lusia Rambu menegaskan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat guna menangkal berbagai penyakit dan virus terutama virus Corona yang sedang menjadi perhatian dunia saat ini. Lebih jauh, beliau menghimbau agar para ibu menaruh perhatian serius bagi kesehatan keluarga dengan mencuci tangan dengan sabun dan menciptakan kebersihan lingkungan rumah tangga.

Baca Juga:  Hari Doa Kolping Sedunia 2020: Menyongsong Santo Kolping

“Apa yang kami buat ini sebagai sumbangan kecil untuk membantu pada anggota kami dan komunitas sekitar yang sangat membutuhkan pemahaman, peralatan maupun sembako ala kadarnya,” kata Sesilia penuh semangat.

Penulis : Jusuf Ede Pati

  • Bagikan