Ketimpangan Sosial dan Pembangunan Motivasi DAMAI Hadir di SBD

0
150

NTT-News.com, Tambolaka – Ketimpangan keadilan sosial dan pembagunan yang tidak merata diberbagai sektor di wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) merupakan alasan utama bagi Dominggus Dama dan Kornelis Tanggu Bore (DAMAI) untuk maju dalam perhelatan Politik di Sumba Barat Daya (SBD) tahun 2018 mendatang.

Paket Damai dengan tagline Ole Dengo dan Ole Milla ini, bertekad untuk membangun SBD agar menuju kabupaten SBD yang Damai dan Sejahtera dan masyarakatnya bebas dari ketimpangan sosial dan kondisi ekonomi yang makin bertambah buruk.

Demikian hal itu disampaikan Dominggus Dama saat menyampaikan orasi Politiknya dihadapan ribuan pendukung di lapangan Galatama, kecamatan Kota Tambolaka (22/12/17) dan disaksikan oleh sejumlah petinggi koalisi partai pendukung saat menggelar Deklarasi dan penyerahan SK dukungan dari 4 Partai Politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Bulan Bintang dan PKPI.

Dominggus Dama bersama Kornelius Tanggu Bore, optimis mampu membawah perubahan untuk warga SBD yang masih berada dalam kategori miskin di daerah Nusa Tenggara Timur ini. Dominggus Dama pada saat itu mengajak seluruh masyarakat SBD agar sehati sesuara dan bersatu memenangkan dirinya bersama Kornelis Tanggu Bore untuk tetap bekerja yang berpihak kepada Ole Milla dan Ole Dengo.

Dominggus Dama dalam orasinya juga menyatakan bahwa pembagunan di Kabupaten SBD tidak dimulai dari desa sehingga menurutnya, ini menjadi masalah karena masyarakat menjadi sulit mengakses ke Kota untuk membawa barang dagangnya sehingga belum mampu mengangkat harkat masyarakat dan tidak meningkatkan ekonomi keluarga.

Hal lain lagi menurut Dominggus, penerangan belum menyentuh sampai ke seluruh pelosok desa sehingga menjadi masalah karena masyarakat belum dapat memperoleh penerangan yang menciptakan rasa aman bagi keluarga dan anak-anak dalam hal belajar mempersiapkan masa depan mereka.

Selain itu menurut Dominggus belum maksimalnya pengelolaan pariwisata oleh pemerintah. “Pariwisata SBD sangat luar biasa, tapi belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga belum mampu memberikan sumbangsih berarti bagi masyarakat yang ada diseputar wilayah destinasi wisata, dan kenyamanan wisatawan belum begitu terjamin dengan baik. Kalau dimanfaatkan secara maksimal maka saya yakin daerah ini akan lebih maju dari kabupaten lain yang ada di Pulau Sumba ini. Ahlinya ada Pak Wakil, beliau ini orang yang sangat paham bagaimana menata pariwisata,” tandasnya

Sedangkan hal yang paling mendasar, baginya adalah masalah kesehatan. “Bapak dan mama warga Sumba Barat Daya, ada berbagai masalah kesehatan yang terjadi di kabupaten SBD dan apa yang saya sampaikan itu hanyalah beberapa masalah saja dan masih banyak lagi masalah yang terjadi di SBD,” Jelas Dominggus Dama dalam orasinya.

Oleh karena itu Ia menyuarakan agar masyarakat mendukung Paket DAMAI karena memiliki Visi dan Misi yang optimis membawah perubahan dan mempunyai program yang selalu pro kepada rakyat atau berpihak pada Ole Milla Ole Dengo.

Dominggus Damma juga menyampaikan 9 program utama yang akan dilaksanakan apabila dipercayai oleh masyarakat menjadi Bupati dan Wakil Bupati kabupaten SBD.

Sembilan program Paket Damai, salah satunya adalah menata Birokrasi yang hebat dengan menempatkan tenaga potensial sesuai dengan kemampuan dan disiplin ilmu yang dimiliki. (JEP/rey)

selengkapnya Baca di Tabloid NTT News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini