Keadilan dan Perdamaian Papua Jadi Sorotan Internasional

  • Bagikan
Gabriel Goa, Direktur Padma Indonesia dan KOMPAK

NTT-News.com. Jakarta – Keadilan dan Perdamaian di Papua hingga kini menjadi sorotan nasional dan internasional. Terpanggil untuk menegakkan Keadilan dan Perdamaian di bumi Cendrawasih maka dari SOLID PAPUA (Solidaritas Indonesia untuk Keadilan dan Perdamaian Papua) mendesak Presiden untuk menyelesaiankan beberapa persoalan daerah itu.

Koordinator SOLID PAPUA, Gabriel Goa menyampaikan Pertama, mendesak Presiden Jokowi dalam penyelesaian permasalahan Papua dengan tidak mengedepankan pendekatan keamanan (security approach) tetapi pendekatan Peace Building dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Papua serta pemberdayaan ekonomi masyarakat Papua.

Baca Juga:  Penyidik Patut Jadikan Pernyataan Pendamping Desa SBD sebagai Informasi Penting

Kedua, mendesak Presiden Jokowi untuk melakukan pendekatan Kasih pantang kekerasan terhadap masyarakat Papua dan stop berbasa-basi seolah menghargai harkat dan martabat orang Papua tetapi dalam praktiknya selalu diskriminatif terhadap orang Papua.

“Tipikal orang Papua dan Indonesia Timur tidak suka berbasa-basi tetapi terbuka dan blak-blakan,” tandasnya dalam rilis yang diterima media ini, Kamis 5 September 2019.

Baca Juga:  Padma Indonesia Dukung Keberanian Orangtua Calon Akpol Pertanyakan hasil Seleksi

Ketiga, mengajak Lembaga Agama dan Masyarakat serta Pers untuk mengawasi kinerja TNI dan Polri agar tidak mengulangi kembali pendekatan keamanan (security approach) seperti di Timor Timur dulu yang akhirnya memisahkan diri dari NKRI menjadi Negara Republik Demokratik Timor Leste.

Penulis : Rey M

  • Bagikan