Kades Terpilih Segera Dilantik, Desa Kalingara PSU

  • Bagikan

NTT-News.com, Tambolaka-Pemilihan kepala Desa serentak(Pilkades) di Kabupaten Sumba Barat Daya(SBD) beberapa bulan lalu diwarnai dengan berbagai macam pengaduan di meija panitia Kabupaten SBD. Dari 102 desa yang melakukan pemilihan serentak pada 30 Juni lalu, ada beberapa desa yang melakukan pengaduan. Diantaranya Desa Panego Ede, Walla Ndimu, Waikaninyo, Mata Kapore, Bukambero, Hoha Wungo, Kalena Rongo, Kadaghu Tana, Weri Lolo, Kabali Dana, Mandungo, Buru Kaghu, Mareda Kalada, Wali Ate, Pogo Tena, Kalingara, Tanjung Karoso.

Baca Juga:  Manfaatkan Bahan Lokal, Kelompok Wanita Tani Ole Dewa II Produksi Ini!

Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya(SBD), dr. Kornelius Kodi Mete mengatakan bahwa Kepala Desa terpilih periode 2021-2026 akan segera dilantik minggu mendatang bulan ini. Saat ini, lagi kata Kodi Mete, panitia kabupaten lewat dinas DPMD SBD masih melakukan persiapan pelantikan.

“Pelantikan kades terpilih akan segera dilaksanakan bulan ini. Karena jumlah kades yang dilantik cukup banyak, maka pemerintah kabupaten membutuhkan persiapan matang,”ucap Kodi Mete, pada Rabu(22/09/2021) disela-sela kegiatan konferensi pers tentang kebijakan ketahanan pangan menghadapi musim tanam tahun 2021.

Baca Juga:  Pemda SBD Gelar Gladi Bersih Persiapan Pelantikan Kades Terpilih di Wewewa Barat

Sementara untuk beberapa desa yang bermasalah, Kodi Mete menyebut hanya Desa Kalingara di Kecamatan Wewewa Tengah yang akan dipending pelantikannya. Pasalnya, Desa Kalingara akan melakukan PSU.
“untuk desa-desa bermasalah saat itu hanya Desa Kalingara di Kecamatan Wewewa Tengah yang akan melakukan PSU. Sedangkan desa lain yang juga melakukan pengaduan, kades terpilihnya tetap dilantik,”jelas Kodi Mete.(Rian)

  • Bagikan