Julie Sutrisno Laiskodat Kunjungi Kelompok Tenun di Kodi

0
43
Kunjungan Ketua Dekranasda NTT dan Dekranasda SBD di Kecamatan Kodi

NTT-News.com, Kodi – Ny. Julie Sutrisno Laiskodat yang merupakan Ketua Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengunjungi kelompok tenun kain ikat di Kecamatan Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) NTT. Kelompok yang dikunjungi, pada saat itu sedang menggelar pelatihan kepada anggota kelompok, Jumat (12/11).

Kunjungan istri Gubernur NTT Viktor Laiskodat ini dalam rangka menghadiri pemilihan Putra Putri Pariwisata SBD di aula gedung STKIP Waitabula, sore hari pukul 17.00 WITA.

Dalam kunjungan kali ini, Ny. Julie Laiskodat menyempatkan diri mengunjungi Rumah BNI di Tambolaka. Tampak Anggota DPR RI ini menikmati keindahan tenun SBD serta memborong sebagian besar isi dari Rumah BNI berupa kain, selendang dan sarung Sumba.

Kepada media, Julie Laiskodat mengatakan NTT yang memiliki warisan budaya kain tenun ikat yang sudah mendunia termasuk SBD, sangat potensial untuk dikembangkan. Oleh karena itu Dekranasda NTT akan mendukung para kelompok tenun dalam memasarkan hasil tenunannya.

“Yang penting para penenun serius, dalam memproduksi kain tenun serta berani berinovasi mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan konsumen,” katanya.

Dirinya juga mengapresiasi Rumah BUMN BNI yang mempunyai program dalam mendukung UMKM dengan program Aku Saudagar Muda.

Dalam kunjungannya ke Kecamatan Kodi yang sedang menyelenggarakan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis ketrampilan tenun, anggota DPR-RI mengatakan ini adalah upayanya sebagai anggota DPR RI melalui Kementerian Pendidikan untuk membantu anak-anak muda menjadi wirausaha.

“Bunda berusaha memperjuangkan program Kementerian Pendidikan sehingga NTT mendapat 1.000 PKW itu, yang sebenarnya untuk semua provinsi di Indonesia, tetapi bunda berusaha mendapatkannya semua demi untuk memajukan usaha-usaha muda di NTT,” tuturnya.

Dirinya juga mengimbau para penenun untuk mampu memproduksi kain tenun karena pangsa pasarnya adalah Dekranasda NTT, sehingga para penenun muda harus mampu memproduksi sesuai yang dibutuhkan.

Disaksikan media ini, kunjungan ke Kodi turut didampingi istri Bupati Sumba Barat Daya, Ny. Margaretha Tatik W. Mete dan Istri Wakil Bupati SBD, drh. Oktavina T.S. Samani.

(ip/ist/rey)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini