Makanan Vegetarian, sumber foto Pexels

Kuliner

Ingin Memulai Usaha dari Rumah dengan Modal Kecil? Begini caranya

By ntt-news

February 23, 2022

NTT-News.com, Jakarta – Sebagian orang memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan atau istilahnya kantoran, lalu sebagian lagi memilih untuk membuka usaha. Bagi ibu rumah tangga atau para wanita muda, Anda bisa mencoba untuk memilih usaha rumahan.

Usaha rumahan selain praktis karena tak perlu mencari ruko, modalnya juga minim. Bahkan dengan biaya lebih dari lima juta saja, Anda sudah bisa membuka usaha di rumah.

Memulai Usaha Rumahan Dengan Modal 5 Juta.

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba usaha rumahan dengan modal 5 juta, wajib mengetahui cara memulainya. Simak berikut ini.

1. Belajar Administrasi Keuangan

Meski hanya usaha kecil yang dibangun dari rumah, Anda tetap harus belajar administrasi keuangan. Anda harus tahu pengelolaan administrasi dengan baik sehingga tidak akan mencampurkan keuntungan bisnis dengan uang pribadi.

Jika sudah baik dalam mengelola administrasi, maka kedepannya jika usaha rumahan Anda maju, usaha tersebut bisa tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan administrasi yang baik bisa menjadi dasar kuat untuk melancarkan bisnis sekalipun bisnis yang kecil.

2. Melakukan Penghitungan Secara Rinci

Selain pengelolaan administrasi, Anda juga harus melakukan penghitungan secara rinci untuk modal dan keuangan. Sebaiknya cukupi modal terlebih dahulu, untuk membuka sebuah usaha. Dengan modal usaha, Anda akan melakukan banyak pembelian mulai dari bahan dan barang yang diperlukan. Bahkan jika usaha rumahan sudah besar, Anda tentu membutuhkan tempat usaha yang lebih besar pula  dengan menyewa ruko.

3. Visi Dan Misi Yang Jelas

Memulai usaha rumahan dengan budget minimalis tentu harus punya visi dan misi yang jelas. Selain jelas, visi dan misi Anda juga harus realistis supaya tetap bisa menjangkau target dan sasaran yang sudah ditetapkan.

Jika tidak memiliki visi dan misi, tentu Anda akan sulit dalam mencapai sebuah target. Selain itu tentunya harus tetap berpikir positif. Bahwa usaha Anda akan membuahkan hasil dan jangan berpikir untuk gagal sebelum mencoba.

4. Ketahui Waktu Yang Tepat

Anda sangat perlu untuk mengetahui waktu yang tepat untuk memulai usaha. Karena jika tidak memilih waktu yang tepat pada perhitungan, maka usaha punya potensi besar untuk gagal. Misalnya Anda ingin memulai bisnis kue kering, maka waktu yang tepat adalah menjelang bulan ramadhan sampai mendekati lebaran atau natal dan tahun baru. Pada hari biasa bisnis kue kering tentu tidak terlalu dilirik oleh masyarakat. Maka dari itu, dalam memulai usaha rumahan perlu juga mengetahui momen yang tepat.

5. Promosi Secara Online

Saat ini promosi bisa dilakukan secara online untuk menekan budget. Sehingga modal Anda bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih penting dan tetap bisa promosi usaha dengan kekuatan internet melalui sosial media.

Apalagi jika Anda memiliki usaha yang terbilang belum banyak digeluti oleh orang tapi punya potensi tinggi untuk dikenal, Anda harus cukup bekerja keras dengan promosi. Ada berbagai platform yang bisa dimanfaatkan untuk promosi produk Anda. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter dan yang sekarang sedang ramai adalah TikTok.

Untuk yang ingin melakukan usaha rumahan tapi terkendala oleh modal, Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi pinjol. Aplikasi pinjaman ini dinilai sangat efektif untuk mendapatkan dana yang cepat cair, salah satunya dengan memanfaatkan Tunaiku.

Tunaiku merupakan aplikasi pembiayaan yang membantu mendapatkan dana cepat dan aman. Hanya dengan bermodalkan KTP, Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan biaya cicilan perbulan yang rendah.

Aplikasi Tunaiku juga merupakan aplikasi yang aman karena merupakan produk pembiayaan dari Amar Bank. PT Bank Amar Indonesia Tbk, merupakan bank yang sudah mengantongi izin usaha bank umum konvensional dan sudah memiliki perizinan dari OJK. (Rey)