Hindari Seks Berisiko dan Tetap Setia Pada Pasangan

  • Bagikan

NTT-NEWS.COM, Kupang – Koordinator Independent Man Of Flobamora (IMoF), Idho R. menyarankan agar masyarakat menghindari hubungan seksual yang tidak aman dan berisiko menimbulkan infeksi menular seksual dan tetap setia pada pasangan.

“Jika melakukan hubungan seks maka ada baiknya selalu menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom,” ujar Idho kepada warta Aids beberapa waktu lalu.

Kepada masyarakat atau siapa pun yang ingin tahu tentang masalah Infeksi Menular Seksual, HIV dan AIDS, bahkan tentang Gay dan LSL atau pun terkait dengan penanggulangan HIV dan AIDS. Idho menyatakan bersedia untuk memberikan informasi seakurat mungkin sesuai yang dibutuhkan.

“Jangan segan-segan untuk bertanya, sharing atau pun berkonsultasi, saya siap untuk memberikan informasi dan edukasi demi menambah pengetahuan dan pemahaman dalam diri masyarakat,” tuturnya.

Menurut Idho, bahwa sekarang bukan saatnya lagi untuk malu dan menganggap tabu soal masalah IMS.  “Bangunlah kesadaran diri kita bahwa kesehatan adalah tanggungjawab diri sendri,” ujarnya.

Tak hanya itu, Idho juga menyarankan agar masyarakat menyempatkan diri untuk melakukan VCT, untuk mengetahui status HIV. “Mengetahui lebih awal, sedini mungkin status HIV kita akan membuat kita jauh lebih berdaya dalam penanganan dan persiapan,” katanya.

Lebih lanjut Ia katakan bahwa, jika status HIV negatif, maka berusahalah untuk negatif dengan tetap setia menjaga perilaku yang aman. Namun jika positif HIV, berpola hidup sehatlah dengan mengakses seluruh treatment yang ada.

“Tahukah kalian bahwa teman-teman kita yang meninggal akibat HIV? Itu karena mereka tidak menyadari sedari awal akan adanya virus dalam tubuh mereka sehingga terlambat penanganannya,” ucap Idho, tegas.

Dan atas persoalan itu, Idho mengajak agar segera melakukan test HIV secara berkala, minimal setiap 3 bulan sekali. Dirinya berjanji siap mendampingi dan merujuk ke tempat pelayanan VCT yang gratis dan aman serta menjamin kerahasiaan. (rey)

  • Bagikan