Fenomena Seks Bebas Remaja yang Berujung Petaka

0
187
Ilustrasi Penyakit IMS
Ilustrasi Penyakit IMS

NTT-NEWS.COM, Infeksi menular seksual (IMS) kini sudah banyak menjangkit orang-orang usia remaja. Penyebab utamanya tentu saja seks bebas. Mereka cenderung terlambat ditangani lantaran merasa malu.

Sebut saja namanya Cinta. Usianya belum genap 18 tahun. Namun, dia sudah pernah “menikmati” seks bebas cukup lama. Gara-gara itu pula, kini dia putus sekolah dan mengidap infeksi menular seksual (IMS).

Saat ditemui di sebuah selter yayasan sosial pada Jumat (22/1) lalu, remaja berparas manis ini mengakui, memang ada masalah dengan organ kewanitaannya itu. Namun, dia menolak untuk menyebutkan jenis IMS yang dideritanya. “Saya juga sering dicurhati teman soal penyakit kelamin,” ujarnya.

Bukan hanya teman perempuan, tidak sedikit yang suka curhat itu anak laki-laki. Ada yang usianya masih setara anak SMP. Bahkan, ada anak laki-laki yang bercerita kepada Cinta bahwa dirinya menderita kencing nanah.

Anak itu mengaku terkena penyakit tersebut lantaran berhubungan intim saat pacarnya menstruasi. “Mungkin karena terkena darah. Kan saat menstruasi itu, darahnya kotor,” ucap Cinta.

Saat ditanya jenis penyakit yang termasuk IMS, Cinta menyebutnya dengan fasih. “Ada kondiloma, kencing nanah, herpes, keputihan yang tidak wajar, dan yang seperti itu lah. Pokoknya banyak,” tutur perempuan asli Surabaya itu.

Untuk saat ini, Cinta sudah menjalani pengobatan medis. Tapi, itu melalui proses yang tidak gampang. Saat pertama ke dokter, Cinta mengaku deg-degan bercampur malu. Cinta takut ditanya dari mana penyakit itu didapat dan takut diejek dokternya.

Untung, dokter yang menanganinya tidak seperti yang dia bayangkan. Dokter memang tetap menanyakan dari mana dia mendapatkan penyakit tersebut. Namun, cara bertanyanya tidak menyudutkan Cinta. “Orang tua saya tidak tahu soal penyakit ini. Saya berobat dengan uang sendiri,” ungkapnya.

Bagi Cinta, seks bebas yang pernah “dinikmatinya” merupakan masa lalu. Dia menyesal telah melakukan hal tersebut. Selain putus sekolah, mantan siswa SMK negeri di Surabaya itu harus berjuang melawan penyakit IMS. “Sekarang saya tidak mau lagi berhubungan intim sama pacar,” tutur Cinta. (nir/lyn/c7/fat)

JPNN.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini