Empat Tenaga Medis Positif Covid 19, Puskesmas Waimangura Ditutup Sementara

  • Bagikan
Ilustrasi hasil Positif Covid-19

NTT-News.com, Tambolaka – Empat orang tenaga medis Puskesmas Waimangura Kecamatan Wewewa Bara, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) – NTT, dinyatakan positif Covid-19. Akibatnya, pelayanan kesehatan untuk Puskesmas itu ditutup sementara.

Penghentian sementara pelayanan di Puskesmas tersebut berlangsung selama dua minggu, terhitung mulai Jumat (04/12/2020) hingga Jumat (18/12/2020) mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), drg. Yulius Kaleka membenarkan penutupan Puskesmas Waimangura dengan maksud agar menekan terjadinya penularan covid 19 secara cepat.

Baca Juga:  PDAM Kota Kupang Pasang Wastafel Portable di Pasar dan Taman

“Iya benar layanan di puskesmas Waimangura ditutup sejak kemarin sampai minggu depan nanti. Karena empat tenaga kesehatan di sana telah dipastikan atau terkonfirmasi positif  Covid-19,” tandasnya.

Dia menjelaskan, hasil uji pada laboratorium biomolekuler RSUD WZ Yohanes – Kupang, yang diterima Kamis (03/12) sebanyak delapan orang warga SBD, sampelnya dinyatakan positif  Covid-19.

Baca Juga:  SBD Belum Punya Alat Deteksi Virus Corona

Dari delapan warga itu, tiga diantarnaya merupakan tenaga kesehatan. sehingga sebelumnya sudah ada satu tenaga kesehatan yang positif, tambah tiga jadi total saat ini menjadi empat tenaga kesehatan dan semuanya bertugas di Puksesmas Waimangura, “karena itu langkah penutupan Puskesmas kami ambil,” bebernya.

Untuk diketahui, sejak daerah ini dinyatakan terpapar Covid-19, hingga saat ini secara keseluruhan baik yang telah dinyatakan sembuh dan ditambah dengan yang sedang menjalani perawatan menjadi 43 warga SBD yang telah terpapar covid-19.

Baca Juga:  Hasil Swab Pasien PDP Meninggal di SBD Negatif

Sementara yang dinyatakan sembuh sebanyak 30 orang, sedangkan yang masih menjalani perawatan sebanyak 13 orang. “Tiga belas orang ini di rawat di rumah Sakit Pratama Redabolo,” ungkap dr. Yulius. (rey)

  • Bagikan