Danau di Desa Kalaki Kambe Cocok untuk Melepas Penat, Sudah ke Sana?

0
203

NTT-News.com, WEBAR – Sumba Barat Daya (SBD) menyimpan keindahan alam yang tak perlu diragukan lagi pesonanya. Ada banyak destinasi wisata alam yang bisa disambangi saat berada di Kabupaten kecil yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

Daerah yang sering disebut kaya akan panorama alamnya ini sungguh membuat betah para pengunjung ketika mendatangi spot-spot wisata alamnya . Bahkan, ada yang memilih berjodoh dengan hamparan padang sabananya yang diselimuti rerumput nan-cokelat.

Dalam catatan ini, saya akan mengajak para pegiat traveling untuk bergeser ke arah wilayah barat. Sebab, selama ini, penulis meyakini bahwa para pecinta wisata alam pasti hanya bersua dengan destinasi wisata yang tak lagi asing di bumi marapu ini.

Pasti ada rasa jenuh, bosan, bias dan menjengkelkan ketika hanya spot wisata itu saja yang dikunjungi tanpa ada daya tarik yang terbarukan.

Jika pernah menyambangi Desa Kalaki Kambe, Kecamatan Wewewa Barat, SBD, tentunya tak lagi bertanya-tanya tentang eksotis alamnya.

Akses jalan yang begitu membuat badanmu luluh karena “goyangan” yang sempurna ketika mengendarai sepeda motor atau mobil akan terbayarkan dengan suguhan danau yang memiliki air hijau bening dan berbentuk wajan. Danau ini bernama Wee Wini yang memiliki sejarah panjang sesuai kepercayaan masyarakat lokal. Tentunya, dibalik history danau ini, pasti memiliki daya tarik yang belum dimiliki destinasi wisata pada umumnya.

Danau Wee Wini ini diapit oleh hutan pohon dan pemukiman penduduk. Kawasan danau ini masih sangat asri dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Panorama seperti di bawah kolong langit dengan rerumputan hijau jadi pesona tersendiri bagi destinasi ini.

Meski belum banyak dikunjungi wisatawan, namun saat ini, destinasi Wee Wini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, bahkan beberapa wisawatan dari luar juga mulai mendatangi tempat tersebut.

Wisatawan yang datang bisa melakukan beberapa aktivitas seperti berkunjung di gua Maria Wee Paneru serta bermain sebebasnya di sekeliling pepohonan yang rimbun nan-hijau.

Suasana yang jauh dari keramaian dan sepi, menjadikan danau ini cocok untuk dijadikan tempat camping atau tempat rekreasi bagi wisatawan yang mencintai suasana teduh. Ditambah dengan api unggun dan pemandangan malam hari yang mengagumkan. Hal ini akan sangat meninggalkan kenangan yang akan dikenang hingga masa tua.

Danau ini juga bisa dijadikan tempat untuk melepas penat dengan cara berendam diri. Percikan airnya serasa sedang dipijit dan tidak berkumuh. Danau memiliki suasana air yang tenang dan juga tampak jernih ketika menyelaminya. (RIAN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini