Bupati SBD Minta Maksimalkan Pelayanan di Puskesmas

  • Bagikan
Suasana Rapat Evaluasi PPKM Level III di SBD

NTT-News.com, Tambolaka – Bupati Sumba Barat Daya (SBD) dr. Kornelius Kodi Mete meminta Dinas Kesehatan di daerah itu untuk memaksimal pelayanan kesehatan di Puskesmas dan luar puskesmas. Hal ini disampaikan Bupati dalam rapat evaluasi PPKM Level III di Rumah Jabatan Bupati SBD, Selasa 10 Agustus 2021.

“Maksimalkan pelayanan di luar puskesmas dan dana untuk biaya operasional kesehatan segera Cairkan. Selama ini kerja apa saja di Dinas? Kenapa tidak cairkan hingga hasilnya tadi saat Teleconferens SBD masih nol persen serapan anggarannya?,” tutur Bupati sembari bertanya dengan geram.

Baca Juga:  Bupati SBD: Kesadaran Masyarakat Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

Menurut Bupati, Puskesmas harus menjadi ujung tombak pelayanan dan sosialisasi penanganan masalah Covid-19 ditingkat desa. Oleh karena itu apa yang menjadi hak dari tenaga medis dilapangan harus segera diberikan sehingga tidak ada ketersinggungan yang berakibat pada mandeknya kerja mereka dalam penangan masalah covid-19 ini.

Dikatakan Bupati bahwa persoalan penangan covid-19 saat ini masih terkendala pelayanan kesehatan seperti tracking kontak erat dari pasien terpapar covid-19 kepada keluarga atau warga lain di desa.

Baca Juga:  Ayo ke SBD, Bupati ajak Nonton Atraksi Pasola 2020 di Kodi

“Tracking belum maksimal, sekarang virus sudah dimana-mana, sudah sampai di kampung-kampung dan rumah-rumah, oleh karena itu latih semua petugas di puskesmas secara manual. Lakukan rapid antigen manual sehingga penyebaran virus ini juga segera teratasi. Jika tidak maka akan makin banyak yang meninggal karena covid,” tegas Bupati.

Baca Juga:  Bupati SBD Sebut Penerapan PPKM Bentuk Kasih Sayang Pemerintah

Mengenai karantina terpusat yang dilakukan dan seperti mendapat penolakan dari banyak masyarakat, bupati menyampaikan bahwa hal itu dilakukan untuk memudahkan proses penangannya.

“Kita bawa di tempat karantina terpusat bukan untuk menghukum mereka tetapi untuk menekan penularan covid sehingga tidak lagi menularkan kepada masyarakat yang lain, dan juga supaya pasiennya cepat sembuh, jauh dari gangguan masyarakat luar biar lebih tenang dan proses penanganannya lebih mudah,” imbuhnya.

Rey M
  • Bagikan