Bupati Dampingi Jenderal TNI AD Meresmikan Kodim SBD

  • Bagikan
Bupati SBD Dampingi KSAD TNI Meresmikan Kodim 1629/SBD

NTT-News.com, Tambolaka – Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete mendampingi Jenderal Andika Perkasa saat meresmikan Kodim Baru di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Keputusan strategis yang diambil TNI AD membentuk Kodim 1629/Sumba Barat Daya, diharapkan dapat mendukung efektifitas penyelenggaraan pertahanan wilayah dalam mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat, khususnya wilayah Sumba Barat Daya dan untuk saat ini Letkol Kav. Sigit yang dipercaya sebagai penjabat Dandim 1629/SBD.

Harapan tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa pada amanatnya saat meresmikan Kodim 1629/Sumba Barat Daya, Korem 161/Wira Sakti, Selasa (10/12/2019).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bertindak selaku inspektur upacara pada Upacara Peresmian Kodim 1629/Sumba Barat Daya dan Kompi Kavaleri Komodo Ksatria Anuraga, Selasa (10/12/19) di Makodim 1629/SBD Desa Watu Kawulla, Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya.

Baca Juga:  Ayo ke SBD, Bupati ajak Nonton Atraksi Pasola 2020 di Kodi

Diawali dengan pembacaan Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor 22 Tahun 2019 tanggal 19 November 2019 tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD, pada pasal 1, Pembentukan Kodim 1629/Sumba Barat Daya Korem 161/Wira Sakti dan Kompi Kavaleri Komodo Ksatria Anuraga.

Kemudian, pernyataan peresmian kedua satuan baru tersebut oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengharapkan, dengan sinergitas akan mewujudkan daya tangkal yang tangguh guna mendeteksi, mencegah dan menanggulangi secara dini terhadap setiap gejala dan indikasi yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

Baca Juga:  Kembangkan Bakat Siswa di Perbatasan, Tentara di Batas Gelar Latihan Drum Band

“TNI AD tidak akan pernah lelah untuk terus terlibat dan melibatkan diri dalam membangun situasi kewilayahan yang aman termasuk akan senantiasa berkomitmen untuk mendukung seluruh program yang dijalankan oleh pemerintah, Polri, maupun pihak lainnya,” kata Andika.

Bertindak selaku komandan upacara adalah Kasi Intel Korem 161/Wira Sakti Kol. Inf Fransiscus Ari Susetyo. Usai upacara peresmian, sebagai acara tambahan ditampilkan Tarian Woleka Sumba Barat Daya dari 7 Sanggar Seni yang ada di Sumba Barat Daya

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa melaksanakan penandatanganan prasasti dan
pemotongan pita di depan Kantor Makodim 1629/SBD yang di saksikan oleh Bupati Sumba Barat Daya beserta seluruh jajaran TNI AD.

Baca Juga:  Forkompimda TTU Gelar Pasukan untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Turut hadir dalam peresmian gedung baru Kodim 1629/ SBD yaitu Ibu Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa, Pangdam IX/Udayana Mayjen. TNI Benny Susianto, S. Ip beserta ibu, dan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos beserta ibu yang mendampingi KSAD.

Selain itu, turut serta juga dalam upacara peresmian ini Aster KSAD Mayjen TNI Bhakti Agus Fadjari dan Ibu, Waasrena Kasad Brigjen TNI Heru Sudarminto dan ibu, Kadispenad Brigjen TNI Chandra Wijaya, Kabinda NTT dan Danlantamal VII/Kupang.

Penulis : Jusuf/hms

  • Bagikan