Angka Kemiskinan Masih 35 Persen, Bupati TTU Siap Perangi

  • Bagikan
Bupati TTU Pose Bersama Wartawan Desk TTU
Bupati TTU Pose Bersama Wartawan Desk TTU
Bupati TTU Pose Bersama Wartawan Desk TTU

NTT-News.com, Kefamenanu – Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Raymundus Sau Fernandes bertekad untuk melawan angka kemiskinan yang presentasinya masih tinggi di Kabupaten TTU dengan berbagai Program Pemberdayaan Masyarakat.

“Periode kedua ini, kami bertekad untuk melawan 35 persen angka kemiskinan yang ada di Timor Tengah Utara, oleh karena itu berjuang dan bekerja keras dan minimal Tahun 2017 itu angka kemiskinan harus dibawah 15 persen,” Ungkap Raymundus Pada Konfrensi Pers di ruang Rapat Bupati Timor Tengah Utara, Kamis (03/03)

Adapun program-program yang akan dilanjutkan pada lima tahun mendatang ini antara lain Program Tuntas Makan, Tuntas Pakaian dan Tuntas Tempat Tinggal yang akan dioptomalkan dengan program-program pemberdayaan dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Baca Juga:  Kuasa Hukum Bupati Datangi Polres TTU Ajukan Keberatan

“Program yang harus dituntaskan pada periode kedua ini antara lain: urusan perut manusia, pakaian manusia, rumah tinggal manusia. Berkaitan dengan perut manusia berarti urusannya dengan Program Padat Karya Pangan (PKP), demikian juga dengan Sari Tani yang berkaitan dengan modal usaha masyarakat, Pemerintah akan mengawasi Pelaksanaan Program Sari Tani terkait Pengguliran Dana, dan Pemerintah akan melanjutkan Program Sari Tani Bagi Kelurahan-Kelurahan yang akan beralih status dari Desa ke Kelurahan,” Lanjut Raymundus

Berkaitan dengan Rumah Tinggal Masyarakat, Pemerintah akan melakukan pendataan mengenai kondisi Rumah Masyarakat yang termasuk dalam beberapa kategori.

Baca Juga:  Menanti Terobosan Baru 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati TTU

“Kami akan mengelompokkan dalam tiga kelompok yaitu bangunan darurat, atap seng, dinding bebak dan lantai tanah, atap seng dinding setengah tembok. Penerapan bantuannya juga akan berdasarkan kelompok tersebut, bobot bantuan akan sesuai kondisi rumah tersebut, dan pencairan dananya melaui rekening bank, sehingga pemerintah melakukan pengawasan dari tahapan pencairan sesuai dengan fisik kerja sampai Tuntas,” Jelas Raymundus

Raymundus juga menjelaskan terkait rumah tinggal masyarakat dimana pemerintah akan melakukan pendatanan terkait rumah tinggal masyarakat sesuai dengan kategori-kategori.
“Berkaitan dengan Rumah Tinggal Masyarkat, Perumahan ini adalah Tuntas Desa, Tuntas Kecamatan, Tuntas Kabupaten. Dengan kemampuan yang kita miliki dan dukungn atas pemerintah propinsi dan pusat untuk membangun rumah layak huni bagi seluruh masyarakat TTU yang rumahnya tidak lyak huni” Jelasnya

Baca Juga:  Hadapi New Normal, Bupati TTU Minta Masyarakat Tetap Ikut Protokol Covid-19

Berkaitan dengan Taman Kota, Pemerintah akan menjadikan Taman tersebut sebagai taman Kreatif dimana pemerintah telah menyiampak alat-alat untuk para kaum muda dapat berkreasi sesuai dengan bakat yang dimilikinya.

“Untuk Taman Kota, Tahun ini kita akan jadikan Taman tersebut sebagai taman keratif bagi para kaum unda untuk berkreasi sesuai dengan bakat yang dimilikinya seperti menyanyi, kita akan menyiapkan alat musiknya yang berbakat di bidang musik bisa dapat mengelola dan menggunakannya untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya” Jelas Raymudus. (Peter)

  • Bagikan