9 Tips Menghindari Penyakit DBD

  • Bagikan

NTT-NEWS.COM, Kupang – Banyak dari kita yang masih tidak perduli dengan kesehatan lingkungan disekitar tempat yang kita singgahi/naungi. Lingkungan yang kurang sehat cenderung untuk mengundang banyak penyakit untuk datang ke tempat yang terbilang tidak bersih, seperti halnya penyakit DBD, (Demam Berdarah Dangue).

DBD atau yang juga disebut Break Bone Fever (Demam Sendi) bisa di sebabkan/ditularkan melalui gigitan/suntikan nyamuk yang disebut Aedes Aegypti, dalam gigitan tersebut membawa virus “dangue”, maka dari itu mengapa penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut dengan DBD.

Hingga saat ini belum ada metode pasti untuk menyembuhkan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini, dan juga belum ada vaksin yang bisa membuat imunitas tubuh manusia untuk menolak virus ini. Jadi ada baiknya kita sendiri yang membuat langkah-langkah/tips untuk menghindari penyakit DBD ini.

Baca Juga:  Kasus DBD di T'eba Timur, Dinkes Lakukan Voging di Rumah Warga

Berikut 9 Tips Menhindari DBD:

  • Gunakan Lotion Anti Nyamuk Baik Siang atau Malam. Tidak ada yang pernah mengira, nyamuk penyebar virus “Dangue” ini, banyak melakukan grilyanya pada siang hari bolong. Maka dari itu dianjurkan untuk menggunakan lotion anti nyamuk baik siang ataupun malam hari .
  • Tutup Wadah Penampungan Air. Nyamuk Aedes Aegypti ini berkembang biak pada tempat atau wadah-wadah buatan manusia sendiri. Seperti halnya bak penampungan air, torrent, pot-pot, ember, dsb. Disarankan untuk menutup wadah-wadah tersebut dengan penutup aslinya ataupun buatan anda sendiri.
  • Balikan Wadah Air Yang Sedang Tidak Dipakai. Sering kali kita lupa bahwa wadah yang tidak kita isi air kita biarkan saja tetap pada keadaan berdiri. Namun dalam kasus DBD, ada baiknya kita balikan wadah air yang sedang tidak dipakai, meskipun hanya setetes air, nyamuk Aedes Aegypti dapat berkembang biak dengan meletakan telur-telurnya di setetes air tersebut.
  • Menutup Ruang Untuk Nyamuk Bisa Masuk Rumah Anda. Jangan biarkan nyamuk penyebar virus “Dangue” tersebut masuk dilingkungan rumah anda, disarankan untuk menutup semua lubang atau celah, menggunakan tirai ataupun bahan yang bisa mencegah nyamuk untuk datang.
  • Gunakan Kelambu Saat Tidur. Saat terlemah manusia adalah ketika manusia itu tidur, ada baiknya kita menggunakan kelambu atau tirai untuk mencegah nyamuk menggigit anda.
  • Tutup Tempat Sampat. Nyamuk paling suka dengan tempat yang kotor dan lembab, dan salah satunya adalah tempat sampah. Ada baiknya menututup tempat sampah serapat-rapatnya, atau rajin buang sampah agar tidak menumpuk.
  • Bersihkan Wadah Air AC (Air Conditioner). Jika anda termasuk orang yang menggunakan AC. Ada baiknya untuk rutin membersihkan wadah air pada AC anda secara berkala.
  • Kamper atau Kapur Barus. Nyamuk sangat tidak suka dengan bau yang disebarkan kamper/kapur barus. Jadi ada baiknya kita menggunakan kamper pada sudut ruangan tempat dimana kita tidur. Atau dengan cara membakar kapur barus ditempat anda tidur, lalu tutup ruangan tersebut selama 15 menit, niscaya nyamuk akan pergi dari tempat tidur anda.
  • Tanaman Tulsi. Banyak yang tidak mengira bahwa tanaman tulsi merupakan cara paling alami untuk mengusir nyamuk. Ada baiknya ada meletakan tanaman tulsi di jendela ataupun disudut-sudut ruangan rumah anda.
Baca Juga:  Sikapi DBD yang makan Korban, Walikota Bikin Instruksi

Dari 9 tips menghindari DBD diatas, sebenarnya masih ada banyak cara lain untuk menghindari DBD. Namun sebaiknya yang paling utama adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan dimana anda bernaung.

  • Bagikan