16 Tenaga Medis Terpapar Virus Corona

0
186
Ilustrasi Covid-19

NTT-News.com, Kraksaan – Hari Selasa (19/05/2020) malam, tenaga medis dan pegawai rumah sakit yang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo sebanyak 16 orang.

“Para tenaga kesehatan dan pegawai rumah sakit tersebut berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, RSUD Waluyo Jati Kraksaan, RSUD Tongas serta Puskesmas Sumberasih,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, tenaga medis dan pegawai rumah sakit ini ikut tergabung dalam klaster haji Sukolilo dan semuanya sudah dilakukan tracking. Kontaknya paling banyak terjadi kepada keluarga dekat. “Sekarang mereka posisinya ada yang sudah sembuh dan sebagian lagi masih menjalani isolasi di rumah sakit dan rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Anang menegaskan yang pasti dari jumlah yang sudah positif COVID-19 ini, sebagian besar sudah pulang dan sebagian masih belum pulang, tetapi kondisinya sehat. “Mereka menjalani isolasi di RSUD Waluyo Jati Kraksaan sebanyak 8 orang, RSUD Tongas sebanyak 1 orang dan sisanya berada di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Untuk hasil swabnya terang Anang jumlahnya beragam. Ada yang masih 1 kali, 2 kali dan 3 kali swab. Secara umum yang masih menunggu hasil swabnya berarti ada yang sudah 3 kali swab. “Dari total tenaga medis yang menjalani swab, sebagian sudah ada yang negatif dan akhirnya bisa dipulangkan. Tetapi sebagian lagi masih menunggu hasil swabnya yang masih belum keluar,” ungkapnya.

Terkait dengan orang positif virus Corona yang sudah sembuh, Anang menambahkan yang pasti pihaknya mengharapkan agar mereka rutin memeriksakan terus, kontrol dan ceck up ke puskesmas kalau ada keluhan. Selain itu selalu berpesan kepada mereka agar physical distancing tetap dilaksanakan.

“Yang pasti mereka tidak berarti kalau sudah sembuh tidak bisa sakit lagi. Mereka bisa terkontaminasi dengan infeksi lain yang baru dan berbeda. Permintaan kita kepada mereka yang sudah sembuh tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Penis : Elfrinal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini