14 tahun di Rumah Darurat, Serka Raul Lopez terharu rumahnya Dibedah

  • Bagikan
Akabri 1995 saat bersama membedah rumah Purnawirawan TNI AD

NTT-News.com, Kupang – Serka Raul Lopez (61), purnawirawan TNI yang pensiun dari Kodim 1604/Kupang tidak bisa menyembunyikan rasa haru bercampur bahagia saat rumah daruratnya dibedah Akabri 1995, Sabtu (25/7/2020) lalu.

Selama 14 tahun atau sejak 2006 lalu, Raul Lopez bersama istri dan ketiga anaknya menempati rumah darurat di RT 10/RW 03 Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Serka Raul Lopez, pria kelahiran Lospalos Timor Leste 1 Januari 1959 ini memilih bergabung dengan NKRI pasca referendum dan sejak tahun 1999, Serka Raul Lopez yang memulai pendidikan Tamtama tahun 1979 di Bali ini ditempatkan di Kodim 1604/Kupang.

Ia lama bertugas di Batalion 745 Lospalos Timor Leste dan menjalani pendidikan Secaba tahun 1996 di Denpasar dan kemudian ditempatkan di Kodim Liquisa Timor Leste.

Pada tahun 2009 saat berusia 50 tahun, Serka Raul Lopez memasuki masa purna bakti karena sakit. Ia mengaku membeli lahan di Kelurahan Kayu Putih pada tahun 2004 dan mulai membangun rumah darurat pada tahun 2006.

Baca Juga:  Diduga Gunakan Ijazah Palsu, Bupati Terpilih ini Dipolisikan

Masa-masa itu merupakan masa sulit karena ia kekurangan dana. Ia hanya mengandalkan uang pensiun untuk biaya hidup, menyekolahkan 3 orang anak dan juga membeli bahan bangunan rumah.

Walaupun ada dana bantuan dari kerabat di Kupang dan Timor Leste, namun tidak mampu menutupi biaya membangun rumah tinggalnya.

Selama menjadi warga Kelurahan Kayu Putih, Serka Raul Lopez tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah baik Kota Kupang maupun provinsi NTT.

Ia pun kaget saat mendapat informasi kalau rumahnya akan dibedah oleh Akabri 1995.

“Saya hanya bisa bilang terima kasih banyak kepada Akabri 1995 yang peduli dengan kehidupan saya. Belasan tahun saya tinggal dengan istri dan anak di rumah darurat dan sekarang ada yang peduli untuk menyelesaikan pekerjaan rumah saya,” ujar Serka Raul Lopez, Sabtu (25/7/2020) disela-sela acara bedah rumah oleh Akabri 1995 ini.

Baca Juga:  Di Jakarta Anggota BKO Samapta Polda NTT Berbagi Kasih Di Bulan Suci Ramadhan

Ia mengakui karena kecintaannya pada NKRI maka pasca jajak pendapat tahun 1999 maka ia lebih memilih untuk bergabung dan berbakti pada NKRI.

Lurah Kayu Putih, Yopi Yosua berterima kasih karena aksi sosial Akabri 1995 membawa berkat untuk warganya karena rumah dibedah.

Pemerintah Kota Kupang juga memiliki program bedah 500 rumah di Kelurahan Kayu Putih namun Serka Raul Lopez tidak termasuk didalamnya karena terkendala dengan aturan, oleh karena Raul Lopez adalah pensiunan TNI.

“Terima kasih bagi TNI dan Polri dari Akabri 1995 yang peduli, semoga kedepannya bedah rumah bisa juga untuk masyarakat sipil karena banyak warga yang butuh sentuhan. Ini merupakan kegiatan yang bermartabat dan mulia,” tandasnya.

Direktur lalu lintas Polda NTT, Kombes Pol Iroth Laurens Recky, SIK mewakili Akabri 1995 menyebutkan kalau bedah rumah Serka Raul Lopez merupakan hasil assesment dan dianggap layak untuk diperbaiki.

Mereka pun salut dengan sikap patriotisme Serka Raul Lopez yang cinta NKRI.

Baca Juga:  Kapolda NTT Musnahkan Ribuan Liter Miras di Halaman Kantor Bupati SBD

“Purnawirawan patut diberi penghargaan dan hidup yang layak dan semoga aksi ini diikuti pihak lain,” tandasnya.

Aksi sosial ini juga dilakukan dalam rangka memperingati 25 tahun Akabri 1995 mengabdi. Dalam pesta perak ini, Akabri 1995 tetap mengutamakan kesatuan untuk menjaga kesatuan RI.

Di NTT sendiri tersisa 5 orang perwira Polri yang merupakan Akabri 1995 sehingga rasa kebersamaan inilah yang menginspirasi membangun rumah Serka Raul Lopez yang sudah 30 tahun mengabdi sebagai anggota TNI.

“Pengabdian Raul Lopez jadi contoh dan juga kondisi rumah sangat memprihatinkan serta Raul Lopez sedang sakit. Kami kira bantuan ini sangat tepat sasaran,” tandasnya.

Akabri 1995 di provinsi NTT juga melakukan aksi bagi sembako. Ada 160 paket sembako yang didistribusikan kepada purnawirawan Polri, TNI AD, TNI AU dan TNI AL.

“Ini bentuk terima kasih kami atas 25 tahun pengabdian kami,” tambahnya. (Im)

  • Bagikan